Video Embedded Questions Permudah Pelajari Peluang

Oleh: Siti Lestari, S.Pd, M.Si

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran matematika secara daring menuntut guru untuk selektif dalam memilih media dan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dan menjembatani keterbatasan tatap muka antara guru dan siswa. Hal ini yang juga dialami oleh guru di SMA N 1 Karanganyar Demak termasuk guru matematika. Salah satu media yang dapat dipilih oleh guru matematika adalah penggunaan video.

Guru dapat membuat kreasi video sendiri dengan berbagai aplikasi yang tersedia saat ini. Video dapat memfasilitasi siswa untuk mempelajari suatu materi dengan mengikuti kecepatan pemahamannya, artinya siswa dengan kemampuan belajar yang lambat akan memiliki kesempatan menonton video berkali-kali sampai ia paham, tanpa merasa malu untuk bertanya jika ia tidak paham. Video juga fleksibel, dapat disaksikan di mana saja dan kapan saja. Guru dapat memilih menggunakan video interaktif dengan pertanyaan tersemat di dalamnya (embedded questions) untuk meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran. Hal ini karena guru dapat memantau aktivitas siswa selama menyimak video yang disajikan melalui jawaban dari setiap pertanyaan yang disematkan.

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar Statistika dengan Model Team Games Tournament

Aplikasi yang dapat dipilih guru untuk membuat video interaktif adalah EdPuzzle. Meski banyak platform belajar daring serupa, namun kata Maman, Edpuzzle memiliki kelebihan khusus. Yakni dapat membantu pembelajaran melalui video yang bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa. Berbeda dengan platform lain, dengan Edpuzzle, guru juga dapat memantau keaktifan dan interaksi siswa. Guru dapat menyematkan pertanyaan di seluruh video. Video berhenti secara otomatis dan bergerak maju setelah ada yang merespons. Guru dapat memberikan tanggapan umpan balik untuk ditampilkan setelah terkirim respon sehingga pengirim menerima umpan balik segera. Guru dapat memantau berapa kali siswa menonton video, menjawab pertanyaan, juga berapa kali memberi tanggapan. Ada juga fitur yang bisa membuat siswa tidak bisa melakukan skip video yang disajikan guru. Sebab yang biasa terjadi di belajar daring itu video pembelajaran banyak di-skip.

Materi daring matematika yang dapat diajarkan dengan menggunakan video interaktif dengan pertanyaan tersemat di dalamnya (embedded questions) adalah materi Peluang Untuk Kelas XII. Dengan menggunakan video interaktif dengan pertanyaan tersemat di dalamnya (embedded questions), siswa dapat menyimak video dan kemudian menjawab pertanyaan yang diberikan di dalamnya dan guru kembali merespon jawaban siswa atas soal – soal peluang matematika yang diberikan sehingga terjadi interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran peluang matematika.

Baca juga:   Mudahnya Belajar SKI dengan Question Student Have

Hal positif yang diperoleh dari penggunaan video interaktif dengan pertanyaan tersemat di dalamnya (embedded questions) adalah mampu meningkatkan kemampuan mengingat siswa, intensitas kegiatan belajar siswa, dan juga interaksi siswa dengan materi pembelajaran. Selain itu, video interaktif dengan pertanyaan tersemat di dalamnya (embedded questions) juga membantu siswa lebih fokus terhadap aspek penting dalam video dan membantu siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar. (kb4/ton)

Guru Matematika SMA Negeri 1 Karanganyar Demak

Author

Populer

Lainnya