SMKN 1 Demak Terpilih Jadi Pusat Keunggulan Sektor Hospitality

Oleh : Nuning Suprihatiningsih S.Pd M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SMKN 1 Demak menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk menjadi pusat keunggulan (Center of Excellence/CoE) sektor hospitality pada jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Program dari Direktorat SMK Kemendikbud yang diluncurkan Juli 2020 lalu. Sebagai upaya menindaklanjuti Intruksi Presiden 9/2016 tentang Revitalisasi Sekolah Kejuruan. Salah satu amanatnya adalah revitalisasi SMK secara komprehensif untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan siap menghadapi tantangan dan dinamika perkembangan nasional dan global.

Pengembangan SMKN 1 Demak sebagai CoE ini difokuskan pada fasilitasi sekolah untuk melakukan penguatan pembelajaran dengan melakukan koordinasi bersama dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA) dalam rangka melakukan analisis benchmarking dalam pemenuhan kebutuhan ruang praktik dan peralatan praktik berstandar industri dan penguatan proses pembelajaran berbasis industri pada sektor hospitality termasuk penyusunan kurikulum SMK berbasis proyek (Project Based Learning/PBL) atau pembelajaran berbasis industri dan Teaching Factory.

Program CoE ini dilakukan secara holistic dengan cakupan sebagai berikut, 1) keterlibatan IDUKA secara menyeluruh dalam pengembangan SMK. 2) Guru mempunyai kompetensi dan bersertifikasi yang diakui IDUKA sektor hospitality. 3) Kepala sekolah yang inovatif dan mampu mengembangkan SMK menjadi CoE yang diakui IDUKA sektor hospitality. 3) SMK memiliki sarana prasarana yang berstandar IDUKA sektor hospitality. 4) SMK yang memiliki rekam jejak yang baik dalam hal tingkat penyerapan lulusan di IDUKA. 5) SMK menjadi rujukan bagi SMK yang lainnya. Misalnya metode pembelajaran peserta didik, pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan, spesifikasi sarana dan prasarana, serta lainnya. 6) SMK menjadi pusat pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan bagi SMK lainnya.

Baca juga:   Pembiasaan dan Pelatihan Dalam Pendidikan Karakter

Dengan program ini, SMKN 1 Demak dapat meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan kejuruan sesuai dengan standar kompetensi keahlian dan standar IDUKA. Selain itu, memenuhi standar aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan dari prasyarat teknis fasilitas pendidikan kejuruan oleh pengguna dan pengelola SMK.

Proses pembelajarannya difokuskan pada penguatan pembelajaran berbasis industri link and match yang dikembangkan bersama IDUKA dalam bentuk Project Based Learning, Teaching Factory. Ini akan menciptakan budaya kerja industri di lingkungan sekolah dan membekali jiwa wirausaha kepada peserta didik, sehingga SMKN 1 Demak dapat menjadi sekolah penggerak bagi sekolah lainnya. Khususnya SMK di wilayah Kabupaten Demak, sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan adaptif terhadap perubahan teknologi yang semakin cepat, sebagai pusat inovasi pembelajaran vokasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi, dan sebagai pusat keunggulan fasilitas sarana dan prasarana yang relevan dengan kebutuhan industri 4,0.

Tentunya CoE pada kompetensi keahlian Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran ini harus memberikan imbas pada lima kompetensi keahlian yang ada di SMKN 1 Demak yaitu kompetensi keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga, Busana Butik, Bisnis Daring dan Pemasaran, Multimedia serta Produksi dan Program Siaran Televisi untuk saling bersinergi mengembangkan pusat keunggulan di kompetensi keahliannya masing-masing. (kb4/ida)

Baca juga:   Realisasikan Slogan IPS Lewat Power Point

Guru Akuntansi SMKN 1 Demak

Author

Populer

Lainnya