Dongkrak Hasil Belajar PPKn melalui Active Learning Berbasis Aplikasi Microsoft Teams

Oleh : Wartono, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PPKn merupakan salah satu muatan pelajaran pada Kurikulum 2013 di kelas XII SMA. Berdasarkan pengamatan di kelas XIl MIPA 1 SMAN 1 Karanganyar Demak, menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn secara klasikal di masa pandemi masih rendah. Beberapa penyebabnya yaitu masih banyak siswa terlihat pasif dan kurang serius dalam mengikuti pembelajaran. Siswa tampak masih bingung, malu bertanya dan takut salah menjawab, dan kurangnya kerjasama dalam kelompok, selain itu pengelolaan kelas secara daring oleh guru belum tepat. Sehingga perlu upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui model active learning berbasis aplikasi microsoft teams.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan selama masa pandemi covid-19 menuntut setiap guru untuk kreatif dalam memilih dan menyusun media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam belajar jarak jauh. Pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan kompetensi dasar yang akan diajarkan. Selama pandemi Covid-19 Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di SMAN 1 Karanganyar Demak, memilih menyeragamkan kelas virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Aplikasi ini dapat dikolaborasikan dengan berbagai aplikasi lain seperti youtube, office forms, power point dan lain sebagainya.

Pembelajaran jarak jauh dengan Microsoft teams menuntut guru untuk memilih model yang dapat mendorong keaktifan siswa. Model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas virtual yaitu model active learning atau model pembelajaran aktif. Active learning atau pembelajaran aktif merupakan model pembelajaran yang mengacu pada tujuan pembelajaran, melibatkan siswa, menggunakan seni, gerakan dan panca indera serta langkah dan kegiatan dalam pembelajaran (Hollingsworth, Pat & Gina Lewis, 2008: 8-9). Sedangkan menurut Naswatul Lailah (2003: 25) pembelajaran aktif merupakan proses pembelajaran yang menitik beratkan pada aktifitas siswa baik yang bersifat fisik, mental, emosi maupun intelektual untuk mencapai tujuan pendidikan yang berhubungan dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Sehingga active learning merupakan kegiatan belajar yang mengaktifkan siswa, dalam artian siswa terlibat langsung dalam pembelajaran yang berhubungan dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Baca juga:   Dunia Pendidikan dan Koperasi, Sarana Keluar dari Jeratan Pinjol

Keunggulan model pembelajaran aktif yaitu siswa turut aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa menggunakan segala potensi yang dimiliki dalam proses belajar. Model pembelajaran aktif menjadikan pembelajaran berpusat kepada siswa bukan berpusat pada guru. Keunggulan lainnya yaitu dapat memupuk sikap siswa untuk dapat berfikir kritis tentang materi yang dipelajari.

Menurut Silberman, Mel (2007: 143) ada berbagai tipe active learning yang menekankan pada kegiatan tanya jawab yaitu starts with a question, role reversal question dan planted question. Kegiatan tanya jawab dapat membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan keaktifan dalam belajar. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Agus Karoni (2011) bahwa active learning starts with a question dalam pembelajaran PPKn dapat meningkatkan aktivitas bertanya siswa.

Pembelajaran aktif menekankan pada aktifitas siswa daripada guru, namun guru tetap mengontrol jalannya kegiatan pembelajaran agar tidak terjadi perbedaan presepsi dalam belajar. Umpan balik juga dilakukan oleh guru kepada siswa. Pemberian umpan balik tersebut bertujuan untuk mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan siswa.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Menulis Artikel dengan Metode Think Pair And Share

Siswa belajar dengan baik dari pengalaman mereka. Pembelajaran aktif salah satunya ditandai dengan siswa belajar dari pengalamannya, selain itu siswa dapat memecahkan masalah yang diperoleh.
Penggunaan model active learning berbasis aplikasi microsoft teams ini dinilai sangat efektif dalam mendongkrak hasil belajar PPKn siswa di masa pandemi seperti yang sudah dilaksanakan di kelas XIl MIPA 1 SMAN 1 Karanganyar Demak.

Guru SMAN 1 Karanganyar Demak

Author

Populer

Lainnya