Belajar Matematika Semakin Taktis dengan Quizizz

Oleh : Suwarni, S.Pd.SD., M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Terkait anjuran pemerintah tentang pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, proses pembelajaran harus dilakukan dari rumah. Sekolah yang menjadi lembaga pendidikan formal harus menanggapi situasi ini dengan tepat. Langkah yang diambil yaitu mengubah pola pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh. Maka, berbagai upaya dilakukan guru untuk mencari metode yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Saat ini smartphone atau gadget bukanlah barang mewah. Maka, sangat mungkin smartphone atau gadget dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media atau sarana pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid -19.

Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan untuk semua peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai ke jenjang pendidikan berikutnya. Matematika secara umum dipandang oleh peserta didik sebagai mata pelajaran yang sulit. Karena pembelajaran yang monoton ataupun karena tidak menyenangkannya belajar matematika.

Aplikasi pembelajaran quizizz yang dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif pembelajaran matematika yang menyenangkan dan dapat dipergunakan untuk membuat permainan kuis interaktif dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif dibuat dengan empat pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat juga ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Bila pembuatan kuis sudah jadi, kita dapat membagikan kode ke peserta didik agar peserta didik dapat login ke kuis tersebut. Pada quizizz juga tertera data dan statistik tentang kinerja peserta didik. Guru dapat melacak berapa peserta didik yang menjawab pertanyaan yang telah dibuat, pertanyaan yang harus dijawab dan banyak lagi. Quizizz juga memberikan fitur “PR (pekerjaan rumah)”, sehingga pekerjaan rumah peserta didik dapat dikerjakan kapan saja dan dari mana saja. Quizizz juga merupakan aplikasi pendidikan berbasis game, membuat aktivitas di ruang kelas menjadi interaktif dan menyenangkan. Quizizz juga memungkinkan peserta didik untuk saling bersaing dan memotivasi mereka belajar sehingga hasil belajar bisa meningkat. Peserta didik mengerjakan kuis pada saat yang sama di ruang kelas quizizz dan peserta didik dapat melihat peringkat langsung mereka di papan peringkat setelah selesai pengerjaan.

Baca juga:   CTL Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Guru dapat memantau prosesnya dan mengunduh hasilnya ketika kuis selesai untuk mengevaluasi kinerja peserta didik. Quizizz dapat membantu motivasi belajar peserta didik dan meningkatkan hasil belajar yang selama ini ujian pakai kertas. Peserta didik akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antarpeserta Quizizz. Kelebihan dari quizizz bagi peserta didik adalah peserta didik tidak dapat mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada peserta didik satu dengan yang lainnya telah diacak.

Peserta didik menjadi semakin taktis atau cakap dalam pembelajaran khususnya matematika. Setelah mengerjakan kuis, peserta didik dapat mengetahui rankingnya. Peserta didik juga mengetahui soal dan jawaban yang betul.

Pembelajaran yang menyenangkan dapat diciptakan melalui penggunaan berbagai macam model atau metode pembelajaran ataupun dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat membuat peserta didik menjadi bersemangat untuk belajar dan lebih mudah memahami materi. Penggunaan yang mudah dan hasil yang cepat dalam proses penilaiannya menjadikan aplikasi ini layak digunakan sebagai aplikasi pembelajaran yang mendukung revolusi pembelajaran 4.0, sehingga peserta didik memiliki minat dan motivasi yang kuat untuk belajar.

Baca juga:   Metode Demonstrasi Tingkatkan Belajar Asmaul Husna

Guru yang mengajar pasti memilki bank soal. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana menyimpan soal dan untuk kemudian dianalisis soal tersebut sehingga mampu menjadi soal yang valid, reliabel dan memiliki daya beda serta tingkat kesukaran yang baik. Hal ini menjadikan peserta didik dapat menjadi semakin taktis atau cakap pembelajaran khususnya matematika dan tentunya belajar matematika akan menjadi lebih menyenangkan. (kb4/lis)

Guru SD Negeri Pulosari, Karangtengah, Demak

Author

Populer

Lainnya