Google Form Jadi Solusi Buat Soal Ulangan Daring

spot_img

RADARSEMARANG.ID, METODE daring merupakan metode belajar yang memanfaatkan teknologi berbasis internet tanpa melakukan tatap muka langsung antara guru dan siswa. Metode ini sangat cocok diterapkan bagi pelajar yang berada pada kawasan zona merah. Dengan menggunakan metode daring ini, sistem pembelajaran yang disampaikan akan tetap berlangsung dan seluruh siswa tetap berada di rumah masing-masing dalam keadaan aman.

Penulis sebagai guru PPKn melaksanakan pembelajaran dengan metode pembelajaran daring selama diterapkannya kebijakan pemerintah pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19. Di awal pembelajaran penulis menyampaikan materi dengan bantuan aplikasi whatsapp. Sebelumnya penulis membuat rangkuman materi pembelajaran PPKn dari sumber buku pelajaran terbitan Kemendikbud yang disarankan dan sumber lain yang sesuai dengan pokok bahasan yang akan disampaikan. Setelah rangkuman materi pembelajaran PPKn disusun yang selanjutkan diketik menggunakan program aplikasi komputer microsoft word selanjutnya guru mendistribusikan materi pembelajaran PPKn tersebut melalui Whatsapp Group pada masing-masing kelas pembelajaran. Di akhir pembelajaran penulis mengadakan ulangan harian bersama untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran PPKn yang telah disampaikan. Untuk penyusunan soal ulangan daring penulis menggunakan Google Form yang merupakan aplikasi Google gratis tanpa dikenakan biaya bagi penggunanya sebagai solusi untuk mempermudah guru dalam membuat soal ulangan harian PJJ secara online. Berikut akan jabarkan cara yang sangat mudah dalam membuat soal dalam Google Form dalam Sri Hartati (2020).

Baca juga:   Eksperiemen Sains Sederhana Berbasis Home Science Process Skill (HSPS)

Pertama, login ke email milik gmail, lalu klik aplikasi google, pilih drive. Kemudian lalu klik drive saya. Setelah itu klik lainnya google formulir, formulir kosong, kemudian masuk ke formulir, lalu menu yang ada didesain untuk membuat sebuah formulir, misalnya untuk mengisi data guru, data siswa, dan lain sebagainya. Jika ingin diubah untuk quiz atau soal klik setelan atau setting. Setelah muncul dialog, pilih quiz lalu simpan. Lalu klik plus (+) untuk menambahkan kolom soal. Tersedia beberapa jenis pertanyaan. Jawaban singkat, paragraf (panjang), pilihan ganda, pilihan boleh lebih dari satu, survey, dan lain-lain.

Lalu mulai dari pertanyaan data siswa, NAMA, KELAS, dan lain sebagainya. Untuk “Nama” pilih jawaban singkat. Lalu klik + (plus) lagi untuk kolom “KELAS” pilih drop-down. Kemudian untuk memisahkan bagian, antara bagian I data siswa dengan bagian 2 pertanyaan, klik tambah bagian. Kemudian silahkan lanjutkan dengan langkah yang sama untuk membuat pertanyaan pilihan ganda.

Lalu jangan lupa geser tombol “Wajib Diisi”, kecuali jika pertanyaan itu dianggap tidak penting. Lalu untuk skor dan kunci jawaban, klik option yang jadi kunci dan tentukan bobot poinnya. Kemudian lanjutkan sampai selesai dan buat pula soal tipe uraian. Ada baiknya jika ganti tipe soal ganti pula bagian form-nya menjadi bagian selanjutnya. Agar tampilan lebih cantik, silahkan klik TEMA (logo yang ada titik empat), anda bisa menambahkan foto sebagai template dan mengubah warna latar serta fontnya.

Baca juga:   Meningkatkan Pemahaman Isi Wedhatama Pupuh Pangkur dengan Gambar Kehidupan Sehari-hari

Jika sudah selesai, anda bisa melihat “Pratinjau” sebelum dipublish, klik gambar seperti mata. Jika sudah dianggap sempurna, anda bisa melihat jawaban yang masuk, klik Respon. Dan untuk melihat data selengkapnya, silahkan klik spreadsheet gambar excel. Tunggu sampai muncul spreadsheet (excel) yang dimaksud. Tahapan akhir dalah mendapatkan link yang akan dibagikan, klik “kirim”, setelah muncul dialog klik gambar link yang ada di tengah. Jika link-nya ingin diperpendek klik “perpendek link” lalu klik “salin”.

Silahkan pindahkan link tersebut, misalnya ke Whatshap atau disalin terlebih dahulu di document (word). Jika ingin link-nya terbaca sesuai keinginan, bisa minta bantuan mesin perubah link seperti gg.gg, caranya buka tab baru di browser lalu url ketik gg,gg. Simpan link URL yang ingin diubah klik customize lalu tulis di kota, kata/kalimat yang diinginkan tanpa spasi klik shorten URL tunggu sampai disetujui jika link sudah ada yang pakai maka silahkan ubah sedikit. Demikian langkah-langkah membuat Google Form.

Google Form merupakan aplikasi google gratis tanpa dikenakan biaya bagi penggunanya sebagai solusi untuk mempermudah guru dalam membuat soal ulangan harian PJJ secara online dimasa pandemi covid-19. (*/ida)

Guru PPKn SMPN 2 Taman

Author

Populer

Lainnya