Trik Sukses Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi

Oleh : Eka Pratiwi, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Adanya pandemi Covid-19 ini membuat pembelajaran tidak berlangsung seperti biasanya. Pembelajaran berjalan secara online dengan banyak cara dan macamnya. Salah satu contohnya yaitu pembelajaran moda daring, yang harus dikerjakan di rumah masing-masing siswa.

Banyak hal yang penulis pelajari dalam pembelajaran daring ini. Mulai dari bagaimana kita membuatkan link pembelajarannya, mempelajari beberapa aplikasi yang mendukung pembelajaran moda daring dan lain-lain.

Dengan adanya pembelajaran seperti ini, banyak yang harus dibenahi untuk menjadikan pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Mulai dari kefektifan materi yang diberikan di daring, membuat materi pembelajaran yang bisa menarik perhatian siswa.

Siswa kelas I sampai kelas VI SDN 02 Pringsurut mengalami berbagai kendala dalam mempelajari PJOK terutama berbagai materi praktik. Permasalahan ini muncul dan membuat pemaksaan terhadap pemerintah untuk melakukan pemerataan akses internet ke seluruh wilayah. Apabila anak-anak yang sama sekali tidak bisa melakukan akses internet maka dengan terpaksa mengumpulkan tugas sekolah secara offline.

Maka penulis menjalankan strategi-strategi supaya pembelajaran PJOK berjalan dan dapat dipahami oleh siswa. Strategi pembelajaran adalah suatu perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan yang didesain dalam suatu tindakan (rangkaian kegiatan) yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Baca juga:   Pembelajaran Ulul Azmi Rasul dengan Metode Role Playing

Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana, metode dan perangkat kegiatan yang direncakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun fungsi dan tujuan strategi pembelajaran yaitu menyampaikan isi pembelajaran kepada pembelajaran, menyediakan informasi atau bahan-bahan yang diperlukan belajar untuk menampilkan unjuk kerja.

Tahapan-tahapan strategi antara lain, pertama, keterlibatan orang tua. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini perlu sinergi dengan ragam upaya program maupun kegiatan yang disesuaikan dengan analisis kendala-kendala dari pihak orang tua. Kedua, pemanfaatan teknologi. Teknologi yang juga mulai berkembang pesat di masa pandemi ini adalah teknologi kecerdasan buatan.

Ketiga, penerapan hidup sehat. Keempat, aspek afektif. Afektif adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Sehingga penilaian ranah afektif dapat diartikan sebuah penilaian yang fokus pada ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai.

Kelima, pembelajaran sekolah jarak jauh ini memaksa anak-anak dengan dibantu orang tua untuk akrab dengan internet. Oleh sebab itu, akses internet dan teknologi di Indonesia belum merata di semua wilayah. Beberapa anak di berbagai daerah di Indonesia tidak dapat mengakses internet dengan mudah. Mereka harus bersusah payah mencari tempat yang dapat menjangkau internet agar depat melaksanakan sekolah daring.

Baca juga:   Tes Evaluasi Tingkatkan Keterampilan Bermain Bulu Tangkis

Dengan strategi yang diterapkan pada peserta didik SDN 02 Pringsurut sehingga dapat tercapai pembelajaran PJOK dalam berbagai tujuan dan tuntas dalam pemberian materi pelajaran pada berbagai tingkatan, untuk siswa yang berbeda dalam konteks yang berbeda pula. (ti1/lis)

Guru PJOK SDN 02 Pringsurat, Kec. Kajen, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya