Pembelajaran Matematika dengan Aplikasi Zoom lebih Menyenangkan

Oleh : Siti Mundrikah, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 yang masih berlangsung mengakibatkan belajar daring masih menjadi pilihan untuk proses belajar mengajar, Model pembelajaran jarak jauh ini mengakibatkan guru dan siswa harus beradaptasi dengan beberapa aplikasi salah satunya adalah aplikasi zoom. Untuk mengatasi kebosanan anak dalam pembelajaran daring, guru menggunakan aplikasi zoom agar anak-anak tetap semangat dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika sehingga pencapaian hasil belajar tidak menurun walaupun pembelajaran dengan menggunakan model daring.

Tujuan pembelajaran matematika dengan menggunakan zoom untuk dapat digunakan sebagai pengganti pembelajaran tatap muka di SDN 02 Gandu sehingga anak-anak tetap mendapatkan akses pembelajaran Yang mewadai. Aplikasi zoom merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk memfasilitasi belajar mandiri dari rumah oleh guru dan murid. Guru bisa memanfaatkan fitur yang dimiliki zoom untuk dapat berinteraksi dengan murid, sehingga aplikasi zoom ini sangat dapat membantu terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan murid khususnya pembelajaran matematika yang memerlukan komunikasi dua arah antara murid dan guru ( www.daruloom.sch.id ).

Baca juga:   Mudahnya Mempelajari Satuan Panjang dengan Media konversi

Memulai pembelajaran matematika dengan aplikasi zoom , guru menjadwalkan terlebih dahulu dengan siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran matematika. Siswa membuka aplikasi zoom untuk dapat mengikuti pembelajaran daring bersama guru dengan cara klik join meeting lalu mengisi ID meeting yang sudah diinformasikan oleh guru sebelumnya. Setelah siswa masuk bergabung guru memulai pembelajaran matematika dan siswa disuruh mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari guru jika siswa mengalami kesulitan atau belum paham apa yang dijelaskan oleh guru, guru memberikan waktu untuk tanya jawab sehingga apa yang dipelajari di aplikasi zoom ini dapat ditangkap dan dimengerti oleh siswa.

Setelah guru selesai memberikan penjelasan guru memberikan umpan balik berupa satu soal matematika untuk dikerjakan saat itu juga dan guru memberika beberapa waktu untuk siswa mengerjakan soal tersebut. Setelah siswa selesai mengerjakan soal yang diberika guru maka saat itu juga guru membahas soal yang telah dikerjakan siswa. Guru memberikan kesimpulan dan penguatan terhadap materi yang telah disampaikan.

Pembelajaran Matematika dengan aplikasi zoom memudahkan siswa dalam memahami materi karena dalam aplikasi zoom siswa dapat melihat dan mendengarkan penjelasan dari guru. Aplikasi zoom ini sangat membantu dalam menjelaskan pelajaran matematika sehingga suasana pembelajaran di SDN 02 Gandu sangat menyenangkan walaupun pembelajaran lewat daring namun melalui aplikasi zoom ini guru dan siswa dapat melakukan pembelajaran seperti tatap muka walaupun menggunakan model pembelajaran jarak jauh. (ti1/zal)

Baca juga:   Mudah dan Asyik Belajar Interaksi Sosial dengan Project Based Learning

Guru SDN 02 Gandu, Pemalang

Author

Populer

Lainnya