Tingkatkan Penguasaan Kemampuan Mendengarkan Bahasa Inggris Melalui Audio-Visual

Oleh : Retno Pudjiastuti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di dalam komunikasi, bahasa adalah alat kumunikasi yang paling signifikan. Komunikasi bisa dilakukan dengan berbicara, menulis dan lain sebagainya. Dari bahasa kita bisa mengungkapkan perasaan, ide-ide, dan pikirin kita kepada seseorang secara langsung, dengan selembar kertas atau dengan gerakan tubuh. Contohnya adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi dalam forum-forum internasional

Salah satu tujuan pembelajaran di SMP adalah mengembangkan kemampuan mendengarkan dalam bahasa Inggris. Listening adalah merupakan salah satu komponen bahasa yang masih menjadi kendala bagi siswa untuk dipelajari. Kita bisa mengetahui dari pencapaian siswa. Nilai yang mereka dapatkan masih rendah jika dibandingkan dengan komponen-komponen Bahasa lain seperti reading dan writing.

Komunikasi akan berjalan lebih baik jika pendengar bisa merespon apa yang pembicara bicarakan. Namun, kebanyakan siswa masih memiliki kesulitan dalam mendengar karena adanya perbedaan dialek. Perbedaan tersebut tidak hanya dari segi pengucapan tetapi juga dari kebudayan. Secara gramatikal juga bisa mengakibatkan misunderstanding antara pembicara dan pendengar.

Baca juga:   Pembelajaran Materi Contrastive Conjunction melalui Role Playing

Rendahnya kemampuan menyimak siswa dalam bahasa Inggris dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain minimnya pengetahuan bahasa Inggris peserta didik, masih minimnya pembendaharaan kosakata, kurangnya latihan komunikasi berbahasa Inggris peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Guru secara terus menerus memperkenalkan pola-pola dan ungkapan bahasa Inggris tanpa melalui konteks atau situasi yang tepat, dan tidak diikuti oleh latihan dan penerapan atau praktik mendengarkan. Kegiatan interaksi antarsiswa sangat kurang. Oleh karena itu peningkatan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris tidak optimal.

Di dalam mengatasi masalah tersebut, para guru harus tetap berusaha mencari cara agar bagaimana masalah itu bisa teratasi. Guru harus mampu menggunakan beberapa metode pembelajaran khususnya dalam mengajarkan listening. Dan salah satu teknik yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mendengar siswa adalah melalui Audio-Visual.

Audio-lingual or Audio-visual adalah metode yang sangat menarik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu metode ini bertujuan agar pelajar atau siswa mampu memahami target bahasa, berbicara dengan pengucapan yang dapat diterima dan benar secara gramatikal, dan mampu memahami materi yang dipresentasikan. Salah satu Audio-lingual method adalah video. Video bisa diputar sesuai dengan materi yang dibutuhkan. Itu bisa digunakan untuk menonton film. Berdasarkan film tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa. penggunaan model pembelajaran Audio-Visual diupayakan untuk dapat menyelesaikan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa.

Baca juga:   MaM Sebagai Solusi Pemahaman Konsep Pembelajaran IPS

Dengan menggunakan Audio-Visual dapat diduga bahwa proses pembelajaran akan lebih sistematis, lengkap dan kreatif. Siswa diberi menonton video d imana dari video tersebut siswa tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan menyimaknya saja, tetapi dapat mempelajari grammar dan memperkaya kosakata siswa. Dengan demikian siswa akan memiliki pengetahuan, kesiapan, dan keberanian, sehingga mereka akan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian keterampilan menyimak siswa dalam bahasa Inggris siswa akan dapat ditingkatkan. Dengan meningkatnya ketrampilan menyimak akan meningkat juga menguasaan utuk mendengarkan. (kb4/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Demak

Author

Populer

Lainnya