Menghafal Nama Akun Berbahasa Inggris dalam Pembelajaran Akuntansi dengan Lagu

Oleh : Sri Hidayanti, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Segala daya dan upaya sudah dilakukan pemerintah guna memperkecil kasus penularan Covid-19. Salah satunya adalah kebijakan belajar online, atau dalam jaringan (daring) untuk seluruh peserta didik karena adanya pembatasan sosial.

Berbicara mengenai pembelajaran jarak jauh atau daring pastilah terdapat berbagai macam kendala karena guru dan peserta didik tidak bertatap muka secara langsung. Terlebih lagi untuk guru yang mengajar di tingkat pertama, karena belum pernah berjumpa sekalipun dengan peserta didik yang diajarnya. Kendala ini juga dialami oleh penulis yang kebetulan mengajar di kelas X SMK program studi Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Peserta didik di jenjang kelas X tersebut tentunya masih asing dengan nama-nama akun dalam pembelajaran akuntansi yang menggunakan Bahasa Inggris. Pengenalan istilah-istilah akun tersebut tentunya menjadi dasar bagi peserta didik kelas X program studi Akuntansi dan Keuangan Lembaga untuk belajar persamaan dasar akuntansi dan siklus akuntansi berikutnya.

Guru harus melakukan berbagai inovasi dalam pembelajaran daring sehingga ilmu pengetahuan dapat tersampaikan kepada peserta didik dengan baik. Cara yang dilakukan oleh penulis adalah dengan menggunakan metode lagu untuk menghafal istilah-istilah akun tersebut.

Baca juga:   Susahnya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Daerah Pelosok

Pengertian lagu dalam KBBI adalah ragam suara yang berirama (dalam bercakap, bernyanyi, membaca, dan sebagainya). Lagu banyak sekali genre-nya, misalnya pop, jazz, rock, dangdut, campursari dan lain-lain.

Hal itu menjadikan penulis berinovasi menggunakan media lagu ini dalam pembelajaran akuntansi khususnya untuk menghafal nama akun berbahasa Inggris. Lagu yang akan digunakan untuk media menghafal ini adalah lagu yang familiar dan tentunya yang disukai oleh peserta didik. Hal itu bertujuan agar peserta didik tertarik menyanyikannya. Guru mencontohkan lagu yang liriknya sudah diganti dengan nama akun berbahasa Indonesia yang disertai dengan Bahasa Inggrisnya dengan Voice Note atau juga menggunakan video yang dikirimkan ke grup kelas.

Setelah mendengarkan atau melihat contoh yang sudah diberikan oleh guru, peserta didik diberikan tugas secara kelompok untuk berdiskusi secara daring melalui grup WA masing-masing kelompok. Mereka ditugaskan untuk mencari lagu dan mengubah liriknya dengan nama akun berbahasa Indonesia yang disertai Bahasa Inggrisnya. Setelah mengubah lagu tersebut, masing-masing peserta didik menghafalkan lagu yang sudah diciptakan. Kemudian peserta didik membuat video menghafalkanl agu yang telah diciptakan tersebut. Setelah jadi peserta didik mengirimkan videonya kepada guru untuk mendapatkan penilaian.

Baca juga:   Mudah Pahami Sistem Transmisi Otomatis dengan Media Engine Cutting

Pembelajaran menghafal nama akun berbahasa Inggris dalam akuntansi dengan media lagu ini selain bertujuan agar peserta didik mudah dalam mengingat juga membuat mereka merasa terhibur. Peserta didik dengan antusias memilih lagu yang sangat mereka sukai untuk diubah lirik lagunya. Mereka juga bisa bertukar lagu yang telah diubah liriknya. Jadi pembelajaran kali ini terasa sangat menyenangkan dan membuat peserta didik antusias dalam mengikutinya.

Penulis sebagai guru mata pelajaran akuntansi akan berusaha untuk selalu berinovasi dan menggunakan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh ini. Namun sebagai pendidik kita tidak boleh menyerah dan putus asa dengan adanya pandemi ini. Kita harus tetap optimis bahwa pandemi ini akan segera berakhir. Karena sehabis hujan maka akan muncul pelangi yang indah. (kb4/ton)

Guru Mata Pelajaran Akuntasi Dasar SMK Negeri 1 Pati

Author

Populer

Lainnya