Mengatasi Kejenuhan Siswa Belajar Bumiku dengan Video Animasi Berbasis Powtoon

Oleh : Mugihadi, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Motivasi ialah suatu usaha yang menyebabkan sesuatu orang atau kelompok melakukan gerak karena ingin mencapai sesuatu. Dimyati dan Mudjiono (2009:43) menegaskan motivasi belajar siswa sebagai tujuan dan alat dalam pembelajaran.

Sebagai tujuan, motivasi merupakan salah satu tujuan dalam belajar. Sedangkan sebagai alat, motivasi merupakan salah satu faktor seperti halnya intelegensi dan hasil belajar yang menentukan keberhasilan belajar siswa dalam bidang pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan. Singkatnya motivasi belajar merupakan usaha gerak seseorang untuk mencapai tujuan tertentu baik secara internal atau eksternal.

Salah satu faktor penyebab kejenuhan siswa dalam belajar adalah kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan. Seperti yang dialami peserta didik kelas VI SDN 01 Mayangan, Kecamatan Wiradesa. Berdampak hasil belajar siswa pada KD bumiku dan sekitarnya jelek. Pada dasarnya siswa suka terhadap materi pelajaran yang diajarkan tetapi apabila guru tidak mampu mengajar sesuai yang diharapkan oleh siswa maka akan memunculkan rasa malas belajar.

Guru harus bisa menjawab semua pertanyaan siswa dengan logis, memberikan informasi baru tentang pelajaran yang diajarkan, memberikan motivasi belajar dan lain sebagainya.
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman, 2010:7).

Baca juga:   Membuat Karangan Narasi dengan Bertukar Cerita Teman

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran secara efektif.

Pesan atau informasi yang disampaikan melalui media dalam bentuk isi atau materi pengajaran itu harus dapat diterima oleh penerima pesan dengan menggunakan salah satu gabungan beberapa alat indera mereka (Sadiman, 2003:6). Maka, penulis menggunakan aplikasi Powtoon untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar. Powtoon merupakan web appsonline untuk membuat presentasi atau video animasi kartun dengan cara yang mudah. Powtoon memiliki fitur animasi sangat menarik. Di antaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan timeline yang lebih mudah.

Dengan menggunakan powtoon kita akan lebih mudah dalam membuat animasi untuk video atau presentasi. Kelebihan dari powtoon sendari yakni interface dalam pembuatan video yang baik dan mudah digunakan serta tersedianya banyak animasi-animasi yang lucu dan menarik yang dapat dijadikan sebagai penunjang proses pembelajaran.

Baca juga:   Penanaman Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar dan di Masyarakat

Terkait dengan cara pakainya sudah tersedia beberapa tutorial yang ada di youtube. Namun keberhasilan media ini juga dipengaruhi dengan kemampuan guru dalam menguasai komputer untuk pembelajaran di kelas karena pengguna media video animasi pembelajaran ini adalah siswa kelas dua sekolah dasar yang sangat suka terhadap animasi, dengan bentuk menarik dan cerita yang menarik.

Kreativitas guru dalam pembuatan video juga berperan penting untuk menarik daya minat siswa untuk memperhatikan pembelajaran. Sebab unsur gambar akan lebih dominan dalam video pembelajaran dari pada unsur suara.

Penerapan media dalam pembelajaran di SDN 01 Mayangan membuat peserta didik termotivasi dalam belajar. Karena di dalamnya ada unsur gambar disertai gerak, audio seperti suara pemain, sound effect dan musik. Peserta didik akan lebih mudah mengatasi kejenuhan belajar dan juga memudahkan siswa dalam memahami pada apa yang disampaikan. (ce3/lis)

Guru Kelas VI SDN 01 Mayangan, Kec. Wiradesa, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya