Asyiknya Home Learning Matematika dengan Video Pembelajaran

Oleh : Kutripah, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran matematika mungkin akan sangat menyulitkan bagi sebagian peserta didik. Tantangannya adalah bagaimana membuat anak mengerti akan suatu konsep penyelesaian sehingga mereka mampu menghasilkan jawaban yang benar dan tepat. Kuncinya adalah bagaimana anak dapat memahami dan mencari dan menemukan suatu jawaban.

Dalam mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 01 Harjosari, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, dengan topik Statistika, saya ingin mengajak siswa untuk belajar mengenai data, cara mengumpulkan data, membaca data yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram batang, serta menyajikan data dalam bentuk diagram batang. Strategi yang saya tempuh untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut adalah melalui moda daring dan memanfaatkan media video pembelajaran. Hal ini saya lakukan agar peserta didik mempunyai pandangan baru terhadap matematika itu sendiri. Cecep Kustandi (2013: 64) mengungkapkan bahwa video adalah alat yang dapat menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep-konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperlambat waktu dan mempengaruhi sikap.

Pada saat home learning seperti saat ini, sangatlah tidak mungkin untuk guru berada di depan kelas dan mengajar peserta didik. Guru dapat meluangkan waktunya untuk mencari video yang merupakan pengolahan data tersebut sehingga menjadi sebuah diagram batang. Saya menggunakan video yang telah saya pilih dengan memperhatikan tujuan pembelajaran yang saya rencanakan sebelumnya. Kemudian saya memberikan tugas membuat tabel dan diagram batang dari data yang sudah saya berikan.

Baca juga:   Tebarkan Dampak Positif, Memotivasi Siswa dan Orang Tua Belajar Daring

Setelah itu saya bersama siswa mendiskusikannya bersama di Whatsapp Group. Setelah mereka memahaminya mereka mulai mencoba mengerjakan di rumah mereka masing-masing. Mulai dari sini mereka mengumpulkannya secara pribadi melalui Whatsapp kepada saya (tidak di grup) kemudian saya mulai melihat tugas mereka satu persatu. Saya memutuskan mengumpulkan secara pribadi agar siswa yang masih belum memahaminya akan dapat saya bimbing secara individu. Ketika mereka ada kesalahan kemudian mendapat feedback dari saya mereka langung dapat memperbaikinya masing-masing.

Keuntungan dari video pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah memahami dibandingkan dengan penggunaan gambar-gambar saja. Selain itu, video pembelajaran memberikan pesan yang dapat diterima lebih merata oleh peserta didik. Video Juga sangat bagus untuk menerangkan suatu proses, dan mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, lebih realistis dan dapat diulang atau dihentikan sesuai kebutuhan, serta, memberikan kesan yang mendalam, yang dapat mempengaruhi sikap peserta didik. Dengan catatan, video tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu membuat tabel dan diagram batang dari data yang ada. (ce3/ton)

Baca juga:   Penerapan Keterampilan Berbicara pada Siswa dengan Metode Bermain Peran

Guru Kelas IV SD Negeri 01 Harjosari, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya