Asyiknya Belajar Kerjasama Ekonomi Antarnegara dengan Kuis Siapa Aku

Oleh : Erni Baiti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PROSES belajar merupakan jalan yang harus ditempuh oleh seorang peserta didik untuk mengerti suatu hal yang sebelumnya tidak diketahui atau diketahui tetapi belum menyeluruh tentang suatu hal. Belajar materi kerjasama ekonomi antar negara, lebih banyak bersifat konseptual, pengertian yang cenderung lebih bersifat hafalan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk memotivasi peserta didik agar tertarik dan ikut terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik merasa senang karena belajar dalam suasana yang menyenangkan. Keadaan seperti itu juga terjadi di SMP Negeri 2 Comal, sehingga penulis berupaya mencari dan mencoba model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran dan dalam suasana yang menyenangkan. Untuk itulah penulis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dengan pemberian kuis siapa aku.

Menurut Trianto (2009, 68) pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil 4-5 siswa secara heterogen, yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi , jenis kelamin dan suku. Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, pemberian kuis dan penghargaan kelompok.

Baca juga:   Tumbuh Kembangkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik

Dalam pembelajaran materi kerjasama ekonomi antar negara, kuis yang diberikan berupa kuis siapa aku, yaitu kuis yang berbentuk permainan kartu yang dibuat dari kertas karton atau bisa memanfaatkan kartu remi, dengan memberikan deskripsi dari masing masing organisasi kerjasama ekonomi antarnegara dalam satu kartu pertanyaan, dan satu kartu lagi yang ukurannya lebih kecil sebagai kartu jawaban. Sebagai contoh kartu pertanyaan akan ditulis deskripsi sebagai berikut : aku adalah kerjasama ekonomi …., aku didirikan pada tanggal …., anggotaku antara lain : …., tujuanku adalah ….. Nah siapakah aku… ?. Pada kartu jawaban ditulis misalnya Aku adalah ….. Kartu dibuat sesuai dengan materi yang diberikan. Misalnya sepuluh kartu pertanyaan dan kartu jawaban. Langkah-langkah pembelajaran kooperatif STAD dengan kuis siapa aku adalah sebagai berikut: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, Menyampaikan informasi, Mengorganisasikan siswa dalam kelompok kooperatif @ 5 siswa, Membimbing kelompok bekerja dan belajar, Evaluasi hasil belajar atau presentasi hasil kerja dan dilanjutkan dengan pemberian kuis, Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memperoleh skor tertinggi. Dalam pembelajaran kerjasama ekonomi antarnegara, setelah siswa selesai mengerjakan LKS secara tuntas, berikan kuis kepada seluruh siswa, dengan cara satu kelompok untuk memegang kartu pertanyaan dan kelompok lainnya memegang kartu jawabannya. Secara urut siswa membacakan kartu soal, dan yang pegang kartu jawaban menjawab, terus berulang sampai semua kelompok selesai. Nilai dihitung dari jawaban benar tiap kelompok. Setelah semua kelompok maju, guru menyampaikan nilai masing-masing kelompok dan memberikaan penghargaan kepada kelompok yang memperoleh skor tertinggi.

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar IPA dengan Gerakan Literasi Sains

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kuis siapa aku di SMP Negeri 2 Comal, dapat meningkatkan minat belajar dan partisipasi aktif peserta didik sehingga kemampuan peserta didik dalam mendeskripsikan kerjasama ekonomi antarnegara juga meningkat. Hal ini dikarenakan suasana belajar yang menyenangkan, dengan model pembelajaran yang berbeda dari biasanya, dan peserta didik menjadi aktif dan antusias dalam mengikuti permainan kuis siapa aku. (pg2/zal)

Guru SMPN 2 Comal, Pemalang

Author

Populer

Lainnya