Mudahkan Pembelajaran Daring dengan E-Learning

Oleh : Umi Adibah, S.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Masa darurat pandemi Covid-19 merugikan banyak pihak. Namun juga memunculkan hal-hal positif. Di antaranya semua orang menjadi familier dengan teknologi informasi. Dalam dunia pendidikan bermunculan inovasi pembelajaran dalam bentuk online. Tak terkecuali dengan lembaga pendidkan MAN 2 Bantul Yogyakarta. Walaupun sebelum masa pandemi lembaga pendidikan ini sudah memiliki aplikasi e-learning. Namun belum banyak digunakan oleh civitas akademikanya. Karena masih merasa nyaman dan efektif dengan menggunakan sistem tatap muka.

Dengan adanya pandemi Covid-19 mengharuskan civitas akademika MAN 2 Bantul untuk menggunakan aplikasi e-learning yang sudah dibuat. Platform e-learning yang dibuat diberi nama e-Smart yaitu sebuah aplikasi pengembangan dari moodle singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Artinya menciptakan pembelajaran dinamis namun tetap mengutamakan orientasi objek. Dikembangkan dengan konsep KKN (komunikatif, kolaboratif dan networking). Dengan menggunakan e-Smart ini model pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan asik.

Moodle banyak digunakan di sekolah karena memberikan respon positif baik siswa maupun guru. Artinya dengan memakai moodle, siswa lebih semangat dalam belajar. Sedangkan guru lebih mudah dalam menyusun materi bahan ajar.

Pada awal pembelajaran daring menggunakan e-Smart siswa dan guru mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Hal ini terjadi karena berbagai faktor mulai dari fasilitas pembelajaran daring yang dimiliki dan kemampuan untuk mengoperasikannya. Selain itu kurangnya kemampuan guru dalam ICT juga menimbulkan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Tapi kita sebagai guru harus belajar dan belajar untuk anak didik kita supaya tuntas belajarnya. Usaha yang dilakukan guru dan siswa supaya familier dengan aplikasi e-learning e-Smart ini adalah dengan mengikuti video tutorial yang telah disediakan.

Baca juga:   Metode Hafalan Strategi Lama yang Masih Eksis

Penulis menerapkan pembelajaran daring menggunakan apliaksi e-Smart untuk mempermudah guru dan siswa dapat berinteraksi dan membuat proses belajar daring menjadi lebih produktif. Dengan e-Smart guru dan siswa tetap dapat berkomunikasi melalui fitur chat yang ada. Tugas dan ujianpun dapat dilakukan secara online dan dapat langsung dikoreksi oleh sistem. Pada artikel ini akan kita bahas cara menggunakan e-Smart untuk guru dan siswa khususnya dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab pada keterampilan berbicara.

E-Smart adalah pengembangan dari moodle, dimana moodle adalah platform yang bersifat web-based. Jadi seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan mengakses website menggunakan browser, pertama yang kita lakukan adalah mengakses laman e-Smart. Kita diminta login menggunakan usename dan password, yang telah disediakan oleh administrator website, baik guru atau siswa harus memasukkan username dan password terlebih dahulu.

Karena e-Smart ini mampu menampung hingga portal pembelajaran untuk ribuan orang dan terintegrasi dengan mata pelajaran lain, maka setelah login kita mencari fitur yang sudah disediakan oleh administrator, dalam hal ini adalah mata pelajaran bahasa Arab.

Baca juga:   Melawan Hoax Melalui Pembelajaran Bahasa Inggris

Pembelajaran bahasa, hakikatnya adalah belajar berkomunikasi (Depdikbud, 1995:9). Dengan sistem pembejaran jarak jauh sangat tepat ketika kita menggunakan e-Smart karena di dalamnya terdapat fitur dimana kita dapat mengupload materi dalam bentuk dokumen, video maupun audio dan gambar dengan berbagai format. Setelah mengupload materi guru dan siswa dapat berkomunikasi melaluit fitur forum diskusi. Apabila forum diskusi selesai guru dapat memberikan tugas kepada siswa sebagai evaluasi kegiatan pembejaran melalui fitur assignment dengan mencantumkan batas waktu pengumpulan yang diinginkan. Hasil tugas yang dikirimkan siswa bisa berupa tulisan atau pengiriman berkas, gambar, video atau audio.

Yang menarik dari e-Smart ini adalah dalam memberikan feedback guru tidak perlu memberikan koreksi atau tugas yang diberikan menggunakan dokumen yang berbeda. Dengan e-Smart koreksi dan feedback bisa langsung dilakukan melalui browser pada tugas tersebut. (pg1/lis)

Guru MAN 2 Bantul Yogyakarta

Author

Populer

Lainnya