Belajar Alat Gerak dan Fungsinya Menarik dengan Media Gambar

Oleh : Rofiah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kompetensi Dasar IPA pada tema 1 Kelas 5 Sekolah Dasar cakupan materinya sangat luas. Sedangkan alokasi waktu dalam pembelajaran PJJ sangat terbatas. Apalagi metode, sarana prasarana dan minat siswa tidak selaras.

Kelas 5 SDN Banjarejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal mempunyai 44 siswa. Kondisi ekonomi dan sosial mereka beragam sehingga guru harus bisa mendesain metode maupun media pembelajaran agar membuat siswa mau mengerjakan tugas belajar yang diberikan. Apapun setiap hari guru harus memberi tugas agar siswa tetap mendapat haknya seebagai siswa.

Salah satu upaya guru agar semua siswa mengerjakan tugas yang mudah namun menjadi bahan materi yang dapat dipahami adalah membuat media gambar alat gerak dan fungsinya. Bagaimana menerapkan media gambar dalam pembelajaran IPA tema 1 di kelas V SDN Banjarejo adalah sebagai berikut. Langkah kesatu, guru membuat perencanaan kompetensi yang hendak dicapai baik pengetahuaan, sikap maupun keterampilan siswa pada materi ini. Langkah kedua, melalui grup paguyuban kelas siswa diberi tugas menggambar sesuai acuan yang diberikan guru di kertas gambar mewarnai dan menuliskan kata kuncinya dengan indah. Siswa membuat gambar sesuai subtema yang dtugaskan agar gambar itu dapat mewakili materi yang harus dipelajari. Diharapkan dengan melihat media gambar yang dibuat dapat dijadikan sumber belajar siswa.

Baca juga:   Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Memanfaatkan MT di Masa Pandemi

Langkah ketiga, siswa mengirimkan tugas jika sudah selelesai ke sekolah dan guru menilainya, memilih yang terbaik untuk ditempel di dinding kelas sebagai pajangan dan kenang-kenangan siswa. Hal ini membuat siswa bangga dan bersemangat untuk membuat karya sebagus mungkin. Diharapkan mereka menggambar sendiri tidak digambarkan orang lain untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab.

Melalui proses membuat media gambar ini siswa menjadi aktif, kreatif dan menjadi subyek belajar. Siswa mencari, dan membuat senidiri sumber belajarnya walau mungkin mencontohnya dari buku atau internet. Proses siswa menciptakan media gaambar ini akan meningkatkan aspek kognitif, psikomotorik dan afektifnya. Pengetahuan siswa menjadi meningkat karena apa yang mereka lihat dan buat akan lebih baik daripada apa yang didengarnya. Keterampilan siswa menggambar juga meningkat. Ada kegiatan menciptakan sebuah karya yang layak untuk dilihat. Sikap mandiri, tekun dan bertanggungjawab akan mulai berkembang.

Guru harus senantiasa memotivasi siswa untuk mau mengerjakan dengan memantau siswa di beberapa titik rawan agar mengumpulkan hasil belajar siswa dan mengirimkan ke sekolah tepat waktu. Kerjasama siswa, guru dan orang tua sangat berperan. Orang tua adalah pendamping utama yang memantau siswa secara langsung di rumah. Mereka menjadi kunci utama motivator siswa mengerjakan tugas dengan baik. Pembelajaran Jarak Jauh kadang menenggelamkan siswa menjadi malas belajar. Usaha guru bagaimana membuat siswa bersemangat untuk tetap belajar sangat di butuhkan. Perjuangan guru adalah upaya mencerdaskan anak bangsa dengan bekerjasama dengan peran orang tua.

Baca juga:   Enjoy, Tumbuhkan Kreativitas Siswa melalui Pendekatan Bervariasi

Menurut kerucut pengalaman Edgar Dale upaya siswa menciptakan media gambar akan memberi pengalaman 70% yang bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan memahami materi. Siswa tidak dituntut untuk membaca materi saja namun juga menciptakan materi itu dalam wujud gambar sehingga pengalaman ini berada di antara mewujudkan abstrak ke kongkrit. Tingkat keterlibatan siswa adalah visual, terlibat dan berbuat menciptakan media gambar sendiri. (pg1/ton)

Guru Kelas SDN Banjarejo Kec. Boja Kab. Kendal

Author

Populer

Lainnya