Asyiknya Belajar Kosakata Materi Family dengan Media Lagu

Oleh: Nisaul Husna, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KOSAKATA merupakan hal mendasar yang harus dikuasai dalam mempelajari suatu bahasa. Kosakata sendiri menurut KKBI berarti perbendaharaan kata. Menurut tim ESA dari Black Hills State University (2006: 4) ketika siswa bisa mengembangkan penguasaan kosakatanya secara otomatis siswa mengalami peningkatan pada keterampilan membaca, mendengarkan, dan berbicara. Salah satu masalah dalam kosakata bahasa asing, dalam hal ini adalah bahasa Inggris adalah artinya. Harmer (2002: 15) menguatkan dengan statemennya bahwa word meaning atau arti kosakata menjadi masalah terbesar dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing. Dalam kamus bahasa Inggris saja akan ditemui satu kata dengan banyak artinya.

Pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VII bukanlah hal mudah. SMP merupakan jenjang pertama siswa mengenal pelajaran Bahasa asing. karakteristik siswa pada usia 13-16 tahun diantaranya mudah tertarik dengan suatu hal, tapi juga mudah bosan. Hal ini juga ditemui dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas VII di SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, pada pembelajaran KD. 3.2 dengan tema materi Family. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dan kebosanan dalam mempelajari kosakata baru yang belum dikenal, sehingga rata rata nilai PH yang didapat masih jauh dari ketuntasan.

Lagu bisa menjadi media perantara dalam pengenalan bahasa baru. Pengenalan bahasa baru ini juga bisa memuat tata bahasa dan kosakata. Materi family berisikan berbagai kosakata benda yang merupakan istilah dalam hubungan keluarga. Penggunaan media lagu dalam materi family ini merupakan pengembangan lagu, bukan lagu asli berbahasa Inggris. Lagu yang digunakan adalah lagu “Satu Satu Aku Sayang Ibu” yang sudah familiar dengan siswa. Lagu ini sebenarnya mengandung istilah kosakata sebutan nama hubungan keluarga inti mulai dari ayah, ibu, adik dan kakak. Lagu ini sendiri termasuk lagu jenis tema tertentu, yaitu tema keluarga. Adaptasi yang dilakukan adalah pada liriknya yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris yaitu sebagai berikut: One and one, I love my mother Two and two, I love my father too Three and three, I love brothers sisters, One, two and three, I love my family. Selain itu liriknya juga bisa diganti dengan kosakata istilah keluarga besar lainnya. Keluarga besar ini mencakup kakek, nenek, paman dan bibi, sehingga lirik nya menjadi : One and one, I love my grandmother, Two and two, I love my grandfather too, Three and three, I love uncles and aunts, One, two and three, I love my family. setelah bernyanyi siswa diminta menuliskan kosakata apa saja yang ada dalam lagu, dalam hal ini siswa secara tak langsung belajar menuliskan sendiri kosakata apa saja yang siswa dengar dan siswa lafalkan.

Baca juga:   Mengukur Ketercapaian Kompetensi Siswa Melalui UKK

Dengan lirik yang sedikit dan nada yang dikenal siswa sejak kecil, lagu ini bisa lebih cepat diserap siswa. Pemilihan memodifikasi lagu ini bukan tanpa alasan, di samping siswa sudah paham lirik lagu itu, siswa juga dengan mudah tahu otomatis apa arti lagunya jika dirubah menjadi versi bahasa Inggris, sehingga siswa lebih cepat dalam memahami arti kosa kata dalam materi family. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata rata nilai pada PH pada KD.3.2 dengan materi tentang kosakata pada tema family.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lagu dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada materi family siswa kelas VII SMPN 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penguasaan kosakata ini meliputi keterampilan siswa dalam mengartikan kosakata, menuliskan kosakata dan melafalkan atau membaca kosakata sesuai dengan pelafalan bahasa Inggris yang benar. Selain itu Proses Kegiatan Belajar Mengajar menjadi lebih menyenangkan. Hal ini bisa dilihat dari antusias siswa untuk mengikuti pelajaran dari awal hingga ahir dengan baik. (ti1/zal)

Guru SMPN 2 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan

Baca juga:   Meningkatkan Prestasi Belajar Praktik melalui Model Pembelajaran Inquirytraining

Author

Populer

Lainnya