Google Classroom Solusi PJJ yang Efektif di Awal Pandemi Covid-19

Oleh: Suprapti, S.Pd., M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia di awal bulan Maret 2020, memaksa banyak pihak dari berbagai sektor harus melakukan segala aktivitas di rumah. Keadaan darurat ini tentunya menuntut para pendidik untuk segera mengambil keputusan secara cepat dalam mempersiapkan alternatif PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang dilakukan dari jarak rumah.

Peserta didik diharuskan untuk belajar secara mandiri di rumah melalui arahan guru, dengan pendampingan orangtua. Segala bentuk aktivitas pembelajaran disampaikan dan dilaksanakan oleh guru menggunakan berbagai macam aplikasi pembelajaran yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar.

Banyak alternatif aplikasi pembelajaran yang ditawarkan pada saat pandemi Covid-19. Namun yang paling populer digunakan pendidik pada awal pandemi adalah aplikasi google classroom. Menurut Ernawati (2018) google classroom merupakan suatu aplikasi pembelajaran yang sesungguhnya dirancang untuk mempermudah interaksi guru dan peserta didik dalam dunia maya.

Aplikasi ini memberikan kesempatan kepada guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan menyenangkan. Selain itu aplikasi ini juga dapat membantu guru dalam mengelola foto/video tugas peserta didik karena sudah terhubung dengan google drive. Akhirnya muncullah banyak pelatihan-pelatihan maupun IHT (In House Training) yang ditujukan para guru dalam belajar memanfaatkan aplikasi google classroom ini.

Baca juga:   Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli dengan Metode Tutor Sebaya

Kelebihan aplikasi google classroom dibandingkan dengan aplikasi lainnya yaitu aplikasi ini mudah diakses, selain itu menurut Rozak dan M. Albatani (2018) proses pembelajaran dengan google classroom memberikan kemudahan bagi peserta didik dan guru karena adanya jalinan komunikasi secara langsung dan jelas, terutama komunikasi tugas dan materi yang disampaikan.

Dengan aplikasi google classroom ini diharapkan mempermudah peserta didik untuk belajar dibandingkan lewat Whats App selama ini. Pembelajaran aplikasi google classroom dalam kegiatan pembelajaran di sekolah merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran di masa pandemi ini. Penggunaan aplikasi ini dapat dijadikan sebagai proses pembiasaan peserta didik dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Layanan aplikasi ini membantu guru menjawab persoalan dan tantangan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Aplikasi google classroom bisa juga menjadi sarana untuk mendistribusikan materi pembelajaran, LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik ), media pembelajaran dan pengumpulan tugas peserta didik. Selain itu, guru dapat pula menilai dan sekaligus memberikan komentar pada tugas-tugas yang dikumpulkan peserta didik.

Baca juga:   Penugasan Mandiri Tingkatkan Pemahaman Materi Sistem Tata Surya

Mengingat kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan melalui penggunaan google classroom , maka pada awal pandemi Covid -19 hingga saat ini guru – guru di SMP Negeri 3 Suruh hampir seluruhnya (> 90%) masih memanfaatkan aplikasi ini sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Selain itu didukung juga dengan peran dari peserta didik yang juga mudah mengakses aplikasi ini dalam gadgetnya. Melalui pemanfaatan aplikasi ini, guru dapat menilai kedisiplinan peserta didik dan hasil belajar dengan cara membuat google form yang dapat dishare ke peserta didik yang dapat diakses guru secara cepat melalui respon yang dapat dilihat di google drive. Aplikasi ini tetap dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh yang efektif di tengah maraknya berbagai macam aplikasi pembelajaran yang lain. (bw2/lis)

Guru IPS SMPN 3 Suruh, Kabupaten Semarang

Author

Populer

Lainnya