Belajar “Garis Singgung Lingkaran” lebih Menarik dengan Media Video

Oleh: Puji Nastiti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA merupakan salah satu mata pelajaran yang ada dalam pendidikan di Indonesia, dari tingkat pendidikan dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Melihat begitu pentingnya matematika maka dalam proses mempelajarinya perlu pemahaman dan kemampuan bernalar yang tinggi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, tidak semua siswa menyukai mata pelajaran matematika. Banyak siswa yang mengeluh karena mata pelajaran ini dianggap sulit. Sehingga menyebabkan hasil belajar matematika belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini dimungkinkan karena penyajian materi matematika yang cenderung monoton.

Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru setiap selesai memberikan materi pelajaran pada setiap kompetensi dasar. Maka dari itu setelah pembelajaran selalu diadakan ulangan untuk mengetahui hasil belajar dari siswa. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantarnya adalah pemilihan strategi pembelajaran. Salah satu startegi yang dapat diterapkan oleh guru adalah dengan menggunakan media pembelajaran.

Media Pembelajaran merupakan intrumen yang digunakan untuk membantu guru di dalam proses kegiatan belajar, dimana media pembelajaran haruslah menarik dan dapat mengembangkan tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa (Dewi, Murtinugraha and Arthur, 2018). Dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) proses belajar siswa dan pendidik akan dilakukan secara tidak langsung (tidak bertatap muka layaknya di kelas). Dengan perkembangan era teknologi dan informatika saat ini maka tidaklah sulit untuk menyampaikan materi melalui pembelajaran jarak jauh atau daring seperti melalui internet dengan WhatsApp, Google Classroom, Google Drive, aplikasi conference seperti Zoom & Google meet dan aplikasi lainnya yang dapat diakses melalui Handphone dan laptop siswa.

Baca juga:   Pembelajaran dengan STAD Berbantu PowerPoint pada Materi Fungsi Kuadrat

Media pembelajaran bisa diambil video pembelajaran dari youtube, salah satunya adalah materi Garis Singgung Lingkaran. Video pembelajaran dari youtube tersebut merupakan media yang sangat mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ), karena dengan mudah dan menarik untuk disampaikan ke siswa dengan model pembelajaran daring melalui beberapa aplikasi di atas. Konsep materi garis singgung lingkaran dari media video pembelajaran ini disampaikan dengan jelas dan menarik baik alur materi, garis besar isi materi, dan tampilan pembelajaran dimulai dari; Pemaparan materi, untuk memberikan teori dan konsep kepada siswa. Contoh soal dan pembahasannya, untuk memberikan contoh penggunaan konsep dan materi tersebut. Soal latihan, untuk mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang diberikan. Sedangkan, desain dari video pembelajaran ini adalah tampilan animasi kreatif yang dimaksudkan agar siswa lebih tertarik dengan materi pembelajaran tersebut.

Media video pembelajaran ini memberikan kemudahan dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa meskipun siswa dan guru berbeda tempat (Agustina and Bakti, 2015). Beberapa kelebihan lain diantaranya siswa dan guru dapat membuka video pembelajaran kapan saja jika ingin mereview kembali dan memperbarui materi.

Baca juga:   Tingkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa dengan Lakonke

Melalui video pembelajaran siswa akan merasa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru, karena pembelajaran menjadi lebih menarik, mengasyikkan, menyenangkan, tidak membosankan bagi siswa, variatif dan kreatif dengan tujuan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu dengan video pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi sehingga akhirnya dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika walaupun di masa pandemi sekarang ini. Seperti yang diterapkan di SMPN 3 Pemalang. (pg1/zal)

Guru Matematika SMPN 3 Pemalang

Author

Populer

Lainnya