Asyiknya Bermain Kosakata dengan Kantong Ajaib

Oleh: Nining Yulianti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PROSES belajar adalah rangkaian aktivitas yang terjadi pada pusat syaraf individu, dari perubahan perilaku yang berbeda dari sebelumnya. Dalam hal ini proses menjadikan yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, karena dengan belajar seseorang berpikir maju dan meningkatkan ide – ide pemikiran baru. Pada proses kegiatan belajar khusunya kelas satu yang baru memulai awal dalam merangkai kata demi kata menjadikan tantangan bagi guru kelas satu, tahap ini masih memerlukan kesabaran dan ketelatenan bagi seorang guru, bagaimana caranya agar siswa bisa memahami setiap kata yang diucapkan, bagaimana siswa yang tidak tahu menjadi tahu, pada kesempatan kali ini dalam mengacu kompetensi dasar yaitu menentukan kosakata yang berkaitan peristiwa siang dan malam merupakan gabungan muatan pelajaran tematik, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPA, cara seorang guru harus lebih jeli dalam mengarahkan siswa agar bisa memahami pembelajaran dengan baik, serta siswa dapat belajar dengan gembira.

Menciptakan suasana baru yang berkaitan dengan alam untuk membentuk kosakata baru dalam pelajaran Bahasa Indonesia bagi kelas satu yang masih ingin bermain, maka Guru meciptakan beberapa rangkaian dengan menjadikan alam sekitar sebagai ruang metode pembelajaran yang sangat menjadikan dasar siswa berpacu dalam berpikir, yang terpenting adalah siswa kelas satu bisa belajar dengan asyik dan gembira, disini Guru menggunakan permainan kosakata yang berhubungan dengan alam, Guru menyiapkan beberapa media dengan menggunakan kantong ajaib yang diambil dari bekas sabun sunlight yang dirangkai oleh siswa menjadi kantong ajaib dan diletakan pada setiap tempat yang ada disekitar seperti pohon, bunga, dan lain-lain, lalu Guru menulisakan kata dan memasukan kata kedalam kantong ajaib, disitulah siswa akan berperan aktif dan berpartisipasi mencari dimana kantong ajaib disembunyikan, setelah semua siswa berperan dan menemukan kantong ajaib, Guru membuat daftar papan yang sudah dirangkai dan menempelkan kantong ajaib dipapan tersebut, siswa akan menebak isi dari kantong ajaib itu yang berisikan kosa kata contohnya matahari, panas, dan sebagainya.

Baca juga:   Pembelajaran Informatika Aktifkan Kolaborasi Peserta Didik

Siswa akan aktif dan senang dalam bermain dengan kantong ajaib, menebak kata, mencari kata, menuliskan kata, dan merangkai huruf, siswa lebih suka dengan kegiatan yang menantang dan rasa ingin tahu, penasaran yang tinggi akan membuat siswa merasa diperhatikan dan senang.

Interaksi siswa dengan Guru sangatlah penting berkomunikasi dengan baik antara Guru dan siswa, siswa denga siswa adalah belajar proses menjadikan kata baru dalam kalimat yang nantinya akan dikembangkan dalam memory anak dan diterapkan dalam proses belajar serta kegiatan sehari hari baik disekolah maupun dirumah, adanya kosakata yang baik dapat meningkatkan tingkat baca yang baik, ide pemikiran akan muncul dari kata yang baru, merangkai kata menjadikan sebuah kalimat, Menyusun, menuliskan dan mempraktekan dalam aktifitas disekolah maupun dirumah , dengan metode pembelajaran yang menarik , siswa akan menyerap dengan baik dalam pembelajaran yang menyenangkan. Seperti yang diterapkan di SDN 06, Kendalsari, Pemalang. (pg1/zal)

Guru SDN 06 Kendalsari, Pemalang

Author

Populer

Lainnya