Google Classroom Memudahkan PJJ Prakarya

Oleh: Titik Hadiwiyani, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Selama pandemi Covid-19, Prakarya adalah satu dari sebelas mata pelajaran jenjang SMP yang harus diajarkan pada siswa tanpa tatap muka atau dikenal dengan pembelajaran jarak jauh prakarya (PJJ Prakarya). Pembelajaran jarak jauh membutuhkan media perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, laptop atau gawai menggunakan jaringan internet.

Menurut Daryanto (2016: 4), media dalam pendidikan adalah media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran. Sedangkan menurut Kemp dan Dayton dalam Arsyad (2013: 23), media pembelajaran dapat memenuhi tiga fungsi utama yaitu (1) memotivasi minat atau tindakan, (2) menyajikan informasi, dan (3) memberi instruksi. Media daring yang paling sederhana untuk dimanfaatkan guru adalah whatsapp group (WAG) dengan siswa atau orang tua siswa. Namun menggunakan whatsapp ini menjadi tugas tersendiri bagi guru karena harus mengorganisasi secara manual tugas-tugas siswa yang terkirim di WAG, sehingga membuat pekerjaan lebih sulit.

Salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan guru dalam pembelajaran online adalah membuat kelas maya dengan aplikasi pembelajaran google classroom. Google classroom merupakan layanan online gratis untuk sekolah, lembaga non-profit, dan siapapun yang memiliki akun google. Google Classroom memudahkan siswa dan guru agar tetap terhubung, baik di dalam maupun di luar kelas. Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.

Baca juga:   Aktifkan Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dengan SFAE

Langkah-langkah pembelajaran menggunakan media pembelajaran google classroom sebagai berikut: Pertama, guru harus membuat google classroom terlebih dahulu sebelum guru mensosialisasikan pada siswa. Kedua, guru memastikan siswa memiliki akun gmail, jika belum memiliki maka siswa diminta membuat akun gmail dulu. Ketiga, siswa membuka alamat web http://classroom.google.com selanjutnya login menggunakan akun gmail. Keempat, siswa memilih tanda + dan join class. Kemudian siswa memasukkan kode kelas yang diberikan guru. Lalu siswa akan tergabung ke dalam kelas. Kelima, siswa melihat informasi yang ada di kelas dan terlibat aktif untuk berdiskusi atau mengerjakan tugas yang diberikan guru. Jika ada tugas yang diberikan guru, tinggal klik tugas yang diberikan yang muncul diberanda atau buka di classwork. Klik view assigment jika tugas sudah dikerjakan dalam bentuk file, tinggal klik file, dan lampirkan file yang akan dikirim. Jika file sudah dilampirkan, jangan lupa klik turn in (Ati Rosidah: 2019).

Dengan menggunakan google classroom, guru bisa membuat kelas maya, mengajak siswa bergabung dalam kelas, memberikan informasi terkait proses pembelajaran, memberikan materi ajar yang bisa dipelajari siswa baik berupa file paparan maupun video pembelajaran, memberikan tugas kepada siswa, membuat jadwal pengumpulan tugas dan lain-lain. Pembelajaran dengan aplikasi google classroom pada pembelajaran Prakarya materi Kerajinan berbasis media campuran yang sudah diterapkan pada siswa di kelas IX B SMP Negeri 1 Bejen Kabupaten Temanggung terbukti efektif sebagai alternatif siswa belajar prakarya dari rumah atau pembelajaran jarak jauh prakarya (PJJ Prakarya), kemudahan menggunakan aplikasi google classroom tidak hanya dirasakan siswa, tetapi juga sangat membantu meringankan tugas guru baik dalam mempersiapkan pembelajaran, saat pembelajaran maupun dalam menilai tugas-tugas siswa. (bw2/ton)

Baca juga:   Penggunaan Microsoft Sway untuk Pembelajaran Seni Patung

Guru Prakarya SMP Negeri 1 Bejen Kab. Temanggung

Author

Populer

Lainnya