Go-Class dan Go-Form Memudahkan Peserta Didik Memahami Materi Turunan saat PJJ

Oleh : Okvita Margy Astuti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa pada banyak pihak, termasuk pada dunia pendidikan. Seluruh jenjang pendidikan dipaksa untuk beradaptasi dengan melakukan pembelajaran secara jarak jauh. Dengan segala keterbatasan yang ada berbagai pihak diharapkan untuk langsung menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

Guna memudahkan proses pembelajaran secara daring dapat berjalan, beragam aplikasi ataupun media belajar digunakan guna menunjang keterlaksanaan pembelajaran di masa pandemi. Mulai dari penggunaan media sosial seperti WhatsApp (WA), Telegram, Instagram, aplikasi Zoom hingga penggunaan aplikasi media belajar Rumah Belajar, Google Classroom maupun Ruang Guru. Menurutt Arsyad (2005:45), media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat peserta didik sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.

Saya sebagai salah satu pendidik di SMK Negeri 1 Jambu memanfaatkan Classroom dalam melaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran Matematika. Pada awal penggunaan media ini, saya memberikan materi kepada peserta didik berupa Power Point (PPT), video pembelajaran yang diambil dari youtube serta pemberian latihan soal sebagai tugas peserta didik yang harus dikumpulkan. Pada awalnya peserta didik mampu mengikuti pembelajaran dengan antusias, namun seiring jalan ketika sampai pada materi yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi banyak peserta didik yang kesulitan mengikuti pembelajaran. Hal ini terlihat dari semakin berkurangnya minat peserta didik dalam mengumpulkan tugas yang diberikan. Setelah ditelusuri, salah satu penyebabnya adalah ketidakpahaman peserta didik mengenai materi hingga tugas-tugas yang terlambat dikumpulkan dan menumpuk serta menyebabkan kejenuhan dalam mengikuti pembelajaran berikutnya.

Baca juga:   Bercerita dengan Teknik Pemodelan Jauh lebih Menarik

Idealnya pembelajaran matematika memerlukan interaksi langsung antara pendidik dan peserta didik dalam berkomunikasi untuk memahami konsep materi yang disampaikan terutama pada materi dengan tingkat kesulitan yang tinggi seperti contohnya pada materi Turunan. Namun dengan kondisi PJJ, peserta didik sulit memahami materi yang disampaikan.

Saya berinovasi untuk memudahkan siswa dalam berlatih memahami materi dengan tetap menggunakan Google Classroom dan memaksimalkan pemanfaatan Google Form sebagai pengganti Lembar kerja Siswa (LKS). Dalam Google Form ini saya menyajikan ringkasan materi serta tahapan-tahapan dalam memahami konsep Turunan serta langkah-langkah menyelesaikannya. Dalam setiap tahapan saya memberikan contoh singkat dan memberikan contoh latihan serta pilihan jawaban dari latihan tersebut. Tentunya antara contoh yang diberikan harus sesuai dengan latihan yang diberikan guna memudahkan peserta didik memahami konsep dari materi Turunan ini. Dalam menyelesaikan latihan soal yang diberikan, peserta didik diberikan pilihan jawaban seperti pilihan ganda untuk memudahkan siswa dalam menjawab. Setelah peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya peserta didik dapat langsung mengetahui nilai serta jawaban mana saja yang masih belum sesuai. Google Form ini menyajikan tahapan-tahapan pemahaman konsep serta tahapan dalam pengerjaan soal turunan yang memudahkan peserta didik dalam pengerjaannya. Dengan menggunakan media ini, peserta didik tidak lagi perlu menuliskan tugas-tugasnya di kertas lalu memfotonya dan dikirimkan lewat Google Classroom. (bw1/ton)

Baca juga:   Menanamkan Percaya Diri dengan Strategi CS

Guru Matematika SMK Negeri 1 Jambu Kab. Semarang

Author

Populer

Lainnya