Belajar Matematika Dengan Berlatih, Bukan Menghafal

Oleh : Miftah Ariyadi S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, HINGGA saat ini pelajaran matematika masih dianggap banyak orang sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Materi pembelajaran yang berhubungan dengan angka, hitungan, dan rumus seringkali dipandang sebagai penghambat dan kendala dalam memahami pembelajaran matematika. Masih banyak siswa yang berpendapat bahwa matematika hanyalah sebuah pelajaran sekolah biasa yang tidak relevan dengan kehidupan nyata sehari-hari.

Padahal kenyataannya, matematika merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang unik. Banyak sekali ilmu pengetahuan lain yang mengharuskan memiliki dasar dari ilmu matematika, misalnya ekonomi, kimia, fisika, statistik, dan sebagainya. Serta banyak juga pengetahuan dan penemuan besar yang tercipta dari perhitungan dan persamaan matematis. Hal inilah yang disampaikan oleh guru matematika di SMP Negeri 2 Suruh, Kabupaten Semarang bahwa ilmu matematika tidak hanya pelajaran biasa, namun salah satu ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk memahami berbagai hal dalam kehidupan nyata.

Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Suruh, selain dengan metode konvensional berupa penjelasan dan contoh, juga menggunakan banyak metode belajar lain yang dapat melibatkan siswa untuk lebih memahami konsep matematika. Salah satunya dengan meminta siswa untuk banyak berlatih mengenai materi pembelajaran matematika yang telah diajarkan guru di kelas. Karena ilmu matematika tidak bisa dipelajari hanya dengan menghafalkan saja, akan tetapi siswa harus lebih banyak berlatih mengerjakan soal agar lebih paham mengenai konsep matematika seperti aljabar, trigonometri, geometri, peluang, dan lainnya. Dengan banyak berlatih soal matematika, siswa akan terbiasa mengerjakan berbagai bilangan, rumus, ataupun persamaan dalam matematika. Selain itu, dengan banyak berlatih soal matematika siswa juga akan mendapatkan banyak manfaat dalam kehidupannya seperti belajar untuk memecahkan permasalahan, belajar ilmu hitung dagang, melatih ketelitian, juga melatih kesabaran.

Baca juga:   Asyik Belajar Siklus Air dengan Model Picture and Picture

Pelajaran matematika bukanlah pelajaran yang sulit bila siswa mau belajar dan berlatih secara giat. Ilmu dan konsep matematika akan lebih mudah untuk dipelajari bilamana siswa banyak praktik berlatih soal, bukan sekadar melihat dan menghafalkan rumus dan persamaan. Dengan banyak berlatih soal, siswa akan lebih mudah dalam belajar dan membuat matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk dipelajari. (ti2/ida)

Guru Matematika SMPN 2 Suruh, Kabupaten Semarang

Author

Populer

Lainnya