Menariknya Metode Gallery Of Learning dalam Tema Binatang

Oleh : Umbaridah, S.Pd. AUD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, BINATANG terkadang ada yang disenangi dan ditakuti. Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terdapat tema binatang. Dalam pembelajaran metode yang digunakan ceramah dan majalah yang terdapat gambar-gambar hewan. Untuk materi hewan anak sudah terbiasa melihat gambar hewan dan banyak hewan yang sudah dikenali sehingga anak cepat bosan dan malah bermain sendiri dengan teman sebangkunya.

Ketika guru menanyakan terkait materi jenis-jenis binatang dan tempat hidupnya anak menjawab dengan sikap yang sepele dan terkesan bergurau. Harapan dari guru siswa bisa fokus, antusias dan menyenangkan dalam proses pembelajarannya. Dengan realita proses pembelajaran yang kurang menarik dan kurang adanya respon dari peserta didik maka guru mengambil tidakkan pemilihan metode pembelajaran Gallery Of Learning agar dapat menarik peserta didik.

Model pembelajaran Gallery Of Learning adalah salah satu bentuk dari pembelajaran aktif learning, aktifitas ini merupakan cara untuk menilai dan merayakan apa yang telah peserta didik pelajari setelah rangkaian pelajaran studi, metode ini baik digunakan untuk membangun kerja sama kelompok (cooperative learning) serta pembelajaran active learning yaitu saling memberi apresiasi dan koreksi dalam belajar. Kemudian hal serupa pula dikemukakan oleh Machmudah, menyebut Gallery of Learning dengan sebutan galeri belajar merupakan suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah siswa pelajari (Silberman, 1996:264).

Baca juga:   Menghafal Surah Al-Fil Kelas IV SD dengan Metode Tikrar

Gallery Of Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang mampu mengakibatkan daya emosional siswa untuk menemukan pengetahuan baru dan dapat mempermudah daya ingat jika sesuatu yang ditemukan secara langsung. Gallery Of Learning juga dapat memotivasi keaktifan siswa dalam proses belajar sebab bila sesuatu yang baru ditemukan berbeda antara satu dengan yang lainnnya maka dapat saling mengoreksi antara sesama siswa baik kelompok maupun antarsiswa itu sendiri.

Pembelajaran dengan motode Gallery Of Learning untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan. Sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Di samping itu pembelajran aktif juga dimaksudkan untuk menjaga perhatian peserta didik agar tetap tertuju pada proses pembelajaran.

Tujuan pembelajaran Gallery Of Learning agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan serta pemikiran anggota lain. Tujuan lainnya yaitu menarik siswa kedalam topik yang akan dipelajari selama proses pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan pengetahuan dan keyakinan mereka tentang topik yang akan dibahas. Serta memungkinkan siswa mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.

Baca juga:   Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Picture And Picture

Adapun langkah-langkah dari metode pembelajaran Gallery Of Learning adalah membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 sampai 6 orang, memberikan kertas karton/plano kepada setiap kelompok. Menentukan topik atau tema pelajaran dan memerintahkan tiap kelompok untuk mendiskusikan apa yang didapatkan oleh para anggotanya dari pelajaran yang mereka ikuti. Penerapan metode menjadikan siswa aktif, fokus dan antusias dengan tugas dan bertanggung jawab.

Perilaku peserta didik selama proses pembelajaran dengan metode Gallery Of Learning mengalami perubahan ke arah positif. Peserta didik aktif dalam mengerjakan tugas kelompok dan berdiskusi serta mengeluarkan pendapat yang berhubungan dengan materi. Dalam menjawab pertanyaan guru peserta serentak dan antusias. (pg1/lis)

Guru TK Pertiwi Klegen, Kec. Comal, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya