Video Pembelajaran Permudah Siswa Belajar Barisan Aritmetika dalam PJJ

Oleh: Sri Ningsih

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di tengah pandemi yang terus melaju dunia pendidikan tetap harus terus mendapatkan perhatian agar tidak berdampak buruk karena kita tidak menginginkan pandemi korona mengancam dunia pendidikan. Ilmu pengetahuan mengambil peran besar dalam menciptakan berbagai penemuan penting salah satunya adalah ilmu teknologi dan ternyata membawa dampak positif dan dapat memotivasi untuk melewati masa-masa sulit agar tetap fokus meraih tujuan pendidikan Indonesia yang lebih maju.

Pembelajaran Jarak jauh dianggap menjadi solusi kegiatan belajar mengajar sehingga tetap jalan di tengah-tengah pandemi korona. Bagi tenaga pengajar sistem pembelajaran jarak jauh mempunyai tantangan tersendiri agar materi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahamai oleh peserta didiknya. Berbagai macam strategi dan model pembelajaran dilakukan agar pembelajaran jarak jauh menarik, efektif dan efisien bisa diterapkan dalam proses PJJ.

Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur pembelajaran dengan sistematis untuk mengelola pengalaman belajar siswa agar tujuan belajar tertentu yang diinginkan dapat tercapai (Suprihatiningrum, 2013). Sedangkan menurut Trianto (2010) model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suata pola yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran tutorial.

Baca juga:   Mari Biasakan Gosok Gigi Sejak Dini

Video pembelajaran salah satu model pembelajaran yang kami gunakan dalam PJJ pada materi Barisan Aritmetika kelas VIII SMP N 1 Andong. Untuk membuat peserta didik memahami materi dalam PJJ dinilai sulit terutama materi barisan aritmetika. Setiap peserta didik berbeda-beda tingkat kemampuan dalam membaca materi dalam buku. Dengan video pembelajaran yang dibuat oleh guru yang sudah disesuaikan dengan kemampuan peserta didik dalam belajar materi barisan aritmetika diharapkan tujuan pembelajaran dapat dicapai. Kami sebagai guru pengajar di SMP N 1 Andong mencoba menggunakan video pembelajaran dengan aplikasi bandicamp yang di dalam video tersebut siswa dapat mendengar dan melihat guru sedang mempresentasikan materi yang diajarkan.

Penulis mencoba memberikan materi barisan Aritmetika yang di dalamnya terdapat materi yang tidak bisa dipelajari siswa hanya dengan membaca dan berlatih soal sendiri karena di dalamnya terdapat langkah- langkah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang belum diajarkan sebelumnya. Dengan video pembelajaran ini siswa dapat menyimak berulang ulang bagaimana cara menyelesiakan soal-soal yang ada pada latihan uji kompetensi yang ada dalam buku paket maupun dalam lembar kerja sisiwa yang dibagikan melalui grup WhatsApp.

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Teori Jerome S Bruner

Dalam video pembelajaran dijelaskan bagaimana langkah dalam menyelesaikan soal latihan secara runtut. Di dalamnya terdapat beberapa contoh soal dan penyelesainya sehingga siswa dapat memahami materi yang diberikan.dengan video pembelajaran guru dapat juag memerikan contoh perilaku protokol kesehatan dengan 3M (mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan menjaga jarak).

Dalam pembelajaran ini peserta didik dituntut dapat mengoperasikan handphone dengan baik. Peserta didik diberi tantangan sejumlah soal cerita berkaitan dengan barisan aritmetika untuk dikerjakan. Selanjutnya siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal melalui geogleform yang sudah dibagikan linknya. Dengan video pembelajaran ini diharapkan peserta didik kelas VIII SMP N 1 Andong dapat dengan mudah mempelajari materi barisan aritmetika tanpa mengalami banyak kesulitan. (pg1/ton)

Guru SMP Negeri 1 Andong, Boyolali

Author

Populer

Lainnya