Cara Menemukan Gagasan Pokok dalam Suatu Paragraf

Oleh: Dining Setiasih, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sekolah dasar (SD) merupakan jenjang paling dasar dalam pendidikan formal di Indonesia. Pendidikan di sekolah dasar merupakan fondasi awal yang sangat menentukan terhadap jenjang pendidikan selanjutnya. Pembelajaran bahasa Indonesia bertumpu pada keterampilan berbahasa.

Keterampilan berbahasa, penggunannya tidak terpisah-pisah melainkan terpadu dalam kesatuan yang utuh. Ketika individu berbicara maka akan menyimak pembicaraan lawan bicaranya. Demikian juga saat seseorang membaca atau menulis maka keempat keterampilan akan saling mendukung secara utuh (Resmini dan Juanda, 2015).

Di sekolah dasar terdapat dua tahapan membaca yaitu tahap membaca permulaan dan membaca lanjutan. Siswa sekolah dasar kelas IV berada pada tahap peralihan dari membaca permulaan menjadi membaca lanjut atau membaca pemahaman. Sehingga siswa sebagian besar masih membawa kebiasaan membaca permulaan di kelas rendah, sedangkan kelas IV merupakan kelas tinggi di mana seharusnya sudah menerapkan keterampilan membaca pemahaman.

Di kelas IV SDN 02 Banjarmulya, Pemalang ini siswa diharapkan memahami isi teks bacaan dari setiap paragraf dalam buku siswa. Menentukan ide pokok dari suatu teks bacaan termasuk dalam keterampilan membaca. Kemampuan siswa dalam menentukan dan menyusun ide pokok selalu muncul pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV sebagai indikator pencapaian pada kompetensi dasar menggali pengetahuan dari teks bacaan.

Baca juga:   Membudayakan Hymne Sekolah Tingkatkan Etos Kerja Warga Sekolah

Keterampilan membaca dalam menentukan ide pokok adalah keterampilan membaca pemahaman sesuai dengan hasil yang diharapkan pada pembelajaran yaitu siswa memahami isi teks bacaan.

H. Dalman dalam buku Keterampilan Menulis (2016) berpendapat, paragraf adalah rangkaian dari beberapa kalimat dan harus memiliki kesatuan gagasan yang diungkapkan, sehingga pembaca memahami maksud dari tulisan atau informasi yang ada.

Dalam paragraf, masing-masing memiliki gagasan pokok yang berbeda. Paragraf yang baik dan benar terdiri dari satu gagasan pokok. Cara menemukan gagasan pokok di setiap paragraf yaitu baca dengan teliti. Baca paragraf dengan saksama. Tidak perlu buru-buru membacanya. Baca sambil coba memahami kira-kira apa yang coba disampaikan penulis pada tiap paragraf. Ketahui jenis- jenis paragraf. Gagasan pokok atau gagasan utama menentukan jenis paragraf. Mengetahui jenis paragraf penting agar kita semakin yakin dalam menentukan posisi gagasan pokok paragraf. Jenis paragraf yakni deduktif : paragraf yang gagasan pokoknya terletak di kalimat awal paragraf. Sedangkan kalimat setelahnya merupakan penjelas untuk mendukung gagasan pokok. Paragraf induktif : paragraf yang gagasan pokoknya berada di akhir kalimat dalam paragraf. Paragraf ini diawali dengan penyebutan peristiwa khusus atau penjelasan. Deduktif-induktif: disebut juga paragraf campuran. Letak gagasan pokoknya terdapat pada bagian awal dan akhir paragraf. Meskipun gagasan pokok disebut dua kali, bukan berarti berlawanan. Gagasan pokok di akhir kalimat dalam paragraf berfungsi mempertegas gagasan pokok di awal kalimat dalam paragraf. Ineratif: paragraf yang gagasan pokoknya ada di tengah paragraf. Kalimat pendukungnya mengapit kalimat yang mengandung gagasan pokok, Tentukan gagasan pokok berdasarkan jenis paragraf.

Baca juga:   Metode Akrostik Mudahkan Siswa Mencipta Puisi

Ketika sudah yakin menerka jenis paragraf, maka coba pahami isi dari paragraf tersebut. Dengan cara ini, maka kalian dapat menemukan gagasan pokok di setiap paragraf, Merangkum paragraf cara cepat lain dalam mencari gagasan pokok di setiap paragraf adalah merangkumnya. Singkirkan kalimat yang tidak mewakili keseluruhan isi paragraf, maka kalian akan dengan mudah menemukan gagasan pokok di setiap paragraf.

Pada dasarnya materi gagasan pokok ini merupakan materi literasi yang sangat penting. Sehingga siswa tidak sekadar bisa menemukan gagasan pokok akan tetapi juga harus dilatih secara terus-menerus sehingga nantinya siswa akan mudah memahami teks bacaan tidak hanya untuk saat ini tetapi akan digunakan untuk jenjang yang lebih tinggi atau bahkan sampai lulus dari bangku sekolah. (pg1/lis)

Guru SDN 02 Banjarmulya, Kec. Pemalang

Author

Populer

Lainnya