Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan dengan Kuis (Cerdas Cermat)

Oleh : Desi Arwati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dunia anak adalah dunia bermain. Bermain biasanya punya konotasi yang berarti “hal yang menyenangkan“. Dengan bermain anak bisa juga belajar. Guru sebagai seorang pendidik bisa juga menerapkan permainan (games) dalam pembelajaran di kelas. Dengan permainan (games) mengajak peserta didik dalam “learning while having fun” belajar sambil bersenang-senang. Kenapa harus permainan (games)? karena dengan permainan (games) tanpa terasa peserta didik bisa belajar dengan baik sambil bermain dan bersenang-senang dan terlibat aktif dalam pembelajaran.

Dengan permainan (games) guru berusaha menghadirkan keceriaan, keseruan dan kegembiraan dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu permainan (games) yang seru dan menyenangkan dalam belajar bahasa inggris di SMP yaitu kuis (cerdas cermat).

Adapun teknik pelaksanaannya sebagai berikut: guru membagi kelas menjadi 4 kelompok. Meminta masing-masing kelompok untuk menentukan bel kelompok, bisa menggunakan suara tanpa harus menggunakan bel mesin. Suara peserta didik pada masing-masing kelompok bisa menjadi bel yang luar biasa, memiliki ciri khas tertentu, dan membahana.

Bel kelompok bisa mengambil suara binatang yang biasa terdengar dilingkungan tempat tinggal peserta didik: cit-cit, kwek-kwek, meong-meong, embek-embek atau suara-suara lainnya : tut-tut, tulalit-tulalit, owek-owek, ting-ting dan suara lainnya yang lucu.
Kuis ini dilaksanakan dengan berkelompok tak ayal membuat peserta yang cuek dan menngantungkan nasibnya pada peserta didik lain yang lebih rajin. Untuk menghindari hal tersebut, guru meminta masing- masing peserta didik untuk menjawab satu persatu misalnya KD 3.4 dan 4.4 tentang Nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dengan tema “I love things around us“ dengan bergeser posisi, peserta didik yang sudah bisa menjawab berpindah kebelakang baris, dilanjutkan dengan peserta didik yang berada di belakangnya menuju ke barisan yang paling depan. Dan peserta didik yang ada dibarisan paling adalah peserta didik yang menjawab pertanyaan dari guru.

Baca juga:   Menggambar ASIIIK pada Mata Pelajaran Seni Budaya

Kelompok yang berkesempatan untuk bisa menjawab adalah kelompok dengan tiga tuntas kriteria : kelompok yang paling cepat berdiri bersama-sama dengan teman- teman satu kelompoknya setelah pertanyaan selesai dibacakan, membunyikan bel, mengangkat tangan keatas. Apabila ada salah satu kriteria yang belum dilaksanakan maka tidak perlu dipilih, berikan kesempatan pada kelompok lain yang lebih kompak melaksanakan kriteria di atas.

Hal yang perlu diperhatikan dalam kuis (cerdas cermat) ini yaitu memberi pertanyaan dengan jelas dan tegas. Tulislah hasil skor perolehan kelompok di papan tulis, kelompok yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar memperoleh skor 10. Semakin cepat dan tepat maka perolehan skor semakin banyak. Kelompok dengan perolehan skor terbanyak adalah pemenang dari kuis (cerdas cermat). Dan tidak kalah pentingnya adalah memberikan umpan balik dan evaluasi pada akhir kuis (cerdas-cermat) sehingga peserta didik dapat mengetahui jawabannya mana yang betul dan mana yang tidak sehingga bisa memotivasi untuk tetap semangat belajar di kelas. Dengan adanya semangat belajar yang tinggi dari peserta didik maka diharapkan kompetensi yang diharapkan bisa tercapai maksimal secara maksimal.

Baca juga:   Tingkatkan Kebugaran Jasmani dengan Google Form

Penulis berharap dengan pembelajaran bahasa inggris mengggunakan kuis (cerdas cermat) bisa digunakan guru sebagai salah satu metode pilihan untuk mengatasi kebosanan siswa dalam belajar dan hasil belajar akan lebih baik lagi dan meningkat dari sebelumnya. (pg1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 5 Comal

Author

Populer

Lainnya