Benrit Semangatkan Belajar di Rumah

Oleh : Sundari, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa, memberikan semangat dan hasil pembelajaran bisa tersimpan dalam memori ingatan siswa selamanya. Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir satu tahun ini, membuat siswa, guru dan orang tua merasa bosan. Banyak siswa yang lebih memanfaatkan waktu belajar di rumah untuk bermain saja. Orang tua juga mengeluhkan anaknya yang susah untuk diajak belajar sendiri.

Di lebih sebagai seorang guru tugas selama pandemi Covid -19 menjadi lebih berat. Guru sudah beruaya mencari beberapa solusi untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa pada masa pandemi ini. Namun hasilnya tidak tuntas 100 persen. Pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 03 Legokkalong KD. 3.2 “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan upaya pelestarian lingkungan”, Tugas secara online yang terlalu lama membuat bosan ini, membuat guru berpikir untuk mengggunakan alat peraga benda konkret yang ada di lingkungan rumah untuk media belajar siswa. Yang diharapkan benda konkrit bisa meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa.

Baca juga:   Peran Guru dan Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak selama PJJ

Benda konkret adalah benda nyata yang bisa dilihat, disentuh secara langsung oleh siswa, sehingga bisa menimbulkan rasa penasaran, ingin tahu dalam diri siswa, Rasa penasaran dan ingin tahu inilah yang akan membuat siswa lebih antusias dan semangat dalam belajar.

Langkah yang dilakukan oleh guru dalam media benda konkret dalam belajar di rumah adalah sebagai berikut : guru mengecek kehadiran siswa lewat geogle meet, menyampaikan tujuan pembelajaran lewat WA. Selanjutnya guru menyuruh siswa menyiapkan media benda konkret yang ada kaitannya dalam pembelajaran IPA hari ini.

Siswa praktik secara langsung mengamatinya, mencatat hal-hal penting yang ditemukan. Setiap siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab bila ada hal-hal yang belum jelas. Guru menegaskan jawaban yang benar dan memotivasi siswa supaya lebih semangat dalam pembelajaran. Dengan bimbingan guru siswa merangkum dan membuat kesimpulan materi. Guru memberikan soal untuk mengukur tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa. Guru mengoreksi jawaban siswa dan menganalisis jawaban yang benar. Guru mengakhiri pembejaran dengan menyampaikan nilai hasil belajar siswa. Nilai siswa tersebut dituliskan pada selembar kertas (jurnal nilai) dan ditempelkan di dalam kelas, untuk memotivasi setiap siswa berlomba mendapatkan nilai yang terbaik.

Baca juga:   Video Pembelajaran YouTube Efektifkan Pembelajaran di Masa Pandemi

Dengan media benda konkret membuat siswa semangat belajar di rumah, sehingga hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPA di kelas IV semester 2 SDN 03 Legokkalong Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Dan semoga ini bisa menjadi motivasi guru yang lain untuk selalu berinovasi dalam pembelajaran di kelasnya. (ti1/lis)

Guru Kelas 4 SDN 03 Legokkalong, Kec. Karanganyar, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya