Google Form Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19

Oleh : Wiwit Winarti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sejak diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sekolah dituntut untuk tetap memberikan pelayanan secara maksimal kepada peserta didik. Pada awal proses PJJ tersebut banyak kendala yang dialami oleh guru maupun peserta didik. Kendala-kendala di antaranya ; akses internet yang susah, tidak semua peserta didik memiliki HP yang mendukung pembelajaran, tidak semua orang tua mempunyai kemampuan membeli kuota untuk mengakses pembelajaran daring. Peserta didik juga menghadapi kesulitan lain yaitu ada sebagian peserta didik yang tidak dapat memahami materi secara maksimal.

Kondisi seperti itu memaksa guru segera tanggap dan harus secepatnya beradaptasi dengan keadaan yang ada. Guru dituntut untuk dapat menggunakan media yang dapat memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Media yang digunakan di sekolah penulis, SMP Negeri 3 Mandiraja, Banjarnegara dalam proses pembelajaran secara online yaitu WhatsApp, google classroom dan google form. Setelah dilaksanakan, ternyata google classroom sulit untuk dilaksanakan di sekolah penulis. Kesulitan yang dihadapi peserta didik menggunakan google classroom diantaranya mereka kesulitan mengakses, sehingga peserta didik juga kesulitan mengunggah tugas. Akhirnya sekolah penulis memutuskan menggunakan google form dan WhatsApp sebagai pendukung dalam pembelajaran daring.

Baca juga:   Pengamatan Cuaca Hari ini

Google form (google formulir) adalah aplikasi administrasi survei yang termasuk dalam suite kantor Google Drive bersama dengan Google Dokumen, Google Sheets, dan Google Slides. Formulir menampilkan semua fitur berbagi yang ditemukan di Dokumen Spreadsheet, dan Slide. (Wikipedia ). Dengan menggunakan google form kita akan mendapatkan jawaban langsung dari audiens yang mengikuti survai. Google form inilah yang menjadi solusi pembelajaran daring di sekolah penulis.

Tugas disampaikan melalui google form, sedangkan materi pembelajaran disampaikan melalui WhatsApp. Dengan menggunakan google form tugas untuk peserta didik mudah diakses. Selain itu tugas-tugas dari bapak ibu guru dapat mereka kerjakan dengan baik. Dengan adanya google form ternyata peserta didik juga lebih antusias, termotivasi untuk belajar. Buktinya ketika mereka mengerjakan tugas, dan nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) mereka akan berusaha mengerjakan kembali sampai mendapatkan nilai yang maksimal. Google form ini juga memberi kemudahan bagi guru karena langsung mendapatkan nilai peserta didik.

Selain untuk pemberian tugas, google form juga digunakan guru untuk Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilain Akhir Semester (PAS). Google form dirasa sangat praktis, antara lain guru tidak perlu mengoreksi berbagai jenis penilaian tersebut karena skor penilaian otomatis sudah keluar, tidak menggunakan banyak kertas, dan lebih mudah diakses oleh peserta didik.

Baca juga:   SUPAK Mewujudkan Guru Menjadi Profesional

Sebagian besar peserta didik merasa senang dan termotivasi dalam belajar dengan menggunakan google form, karena menarik, praktis dan mudah diakses. Dengan kelebihan dan kemudahan penggunaanya baik bagi peserta didik maupun guru maka google form menjadi solusi PJJ di masa pandemi covid 19 bagi sekolah penulis.

Jadi penggunaan google form sangat membantu proses pembelajaran di masa PJJ. Baik dalam kegiatan proses pembelajaran maupun dalam penilaian. Selain praktis, mudah diakses peserta didik, dan peserta didik juga lebih termotivasi, antusias, aktif dalam belajar. (btj2.1/ton)

Guru IPS SMPN 3 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara

Author

Populer

Lainnya