Penerapan Game Educandy sebagai Selingan dalam Layanan Bimbingan Klasikal

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran dalam jaringan atau yang lebih dikenal dengan sebutan daring sudah berjalan selama 1 tahun lamanya. Kondisi ini menyebabkan menurunnya minat siswa dalam belajar. Rasa jenuh dan bosan pasti dialami oleh siswa dan guru, saat mereka menjalani kegiatan belajar dari rumah. Tantangan paling nyata yang dihadapi para guru adalah dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan dalam setiap kegiatan belajar mengajar, yang sehari-harinya dilakukan secara daring.

Untuk memotivasi siswa, guru harus bekerja keras lagi, mencari berbagai cara untuk mencegah agar siswa tidak bosan. Berbagai metode digunakan agar pembelajaran daring lebih menarik. Keingintahuan guru untuk membuat metode pembelajaran yang menarik dilakukan dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan atau webinar tentang penggunaan metode pembelajaran daring yang menarik, meningkatkan motivasi siswa dan memberikan selingan saat pembelajaran daring dengan menyisipkan permainan-permainan yang menarik.

Pengalaman mengajar seperti ini juga terjadi pada siswa di SMP Negeri 1 Karangdadap. Sebagian besar siswa mengalami kejenuhan belajar apabila guru menyampaikan materi pelajaran secara monoton. Hal yang guru BK lakukan salah satunya dengan memberikan variasi media yang membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan mengasyikkan bagi siswa. Media pembelajaran berbasis permainan yang digunakan guru BK adalah aplikasi educandy.

Baca juga:   Belajar Melukis di Rumah dengan Bahan Alam

Educandy adalah aplikasi berbasis web yang memiliki slogan ‘making learning sweeter’ (membuat belajar lebih manis). Educandy dapat digunakan untuk membuat permainan daring yang menyenangkan. Permainan yang dibuat masih dalam konteks belajar tetapi tidak membosankan. Adanya permainan edukasi membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan mengasyikkan. Siswa langsung log in tanpa harus membuat akun dan guru dapat mendesain pembelajaran dengan membuat pertanyaan. Permainan ini biasanya sangat disukai oleh siswa karena mengasyikkan. Dengan mengirimkan link untuk dibuka oleh siswa dan siswapun mengerjakan sesuai instruksi. Ternyata siswa lebih termotivasi belajar dan ingin terus belajar. Karena menurut siswa belajar sambil belajar dengan gadget menyenangkan. Educandy dapat dibuat melalui situs : https://www.educandy.com. Untuk tutorial pembuatannya bisa dilihat melalui youtube. Educandy dapat dimainkan dalam beberapa bentuk game, diantaranya : Multiple Choise, Noughts & Crosses, Crosswords, Match-up, dan Memory.

Keberhasilan permainan ini dapat menumbuhkan kemandirian dari siswa. Siswa dapat mengisi pertanyaan dengan tepat dan cepat dan siswa juga dapat berpikir cepat (thinking fast) dan berpikir lambat (thinking slow) dalam mengerjakan soal dalam permainan educandy tersebut. Hasil yang diperoleh siswa memberikan kontribusi keberhasilan yang sangat memuaskan karena siswa menjadi lebih aktif dan mandiri dalam pengerjaaannya. Siswa diminta untuk menunjukkan screenshot hasil dari permainan educandy siswa.

Baca juga:   Belajar Teknik Dasar Bola Basket dengan Quiziz

Dengan menyisipkan permainan ini siswa merasa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Nilai dan peran guru sangat diperlukan agar ilmu yang disampaikan dalam suasana gembira akan lebih mudah membentuk pengalaman positif pada anak. Permainan edukasi “Educandy” dapat membuat proses belajar anak menjadi menyenangkan. Siapapun bisa membuat permainan ini baik pendidik, siswa atau orangtua. Mari terus berusaha dan berinovasi membuat pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan, bukan yang membosankan dan membuat stres.

Guru SMP Negeri 1 Karangdadap

Author

Populer

Lainnya