Asyiknya Menjelajah Benua-Benua di Dunia dengan Quizizz

Oleh : Krisnawati, S.Pd., M.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa Pandemi Covid 19 sejak 16 Maret 2019 dan dilanjutkan kegiatan belajar mengajar secara Blended Learning (tatap muka dikolaborasi dengan PJJ) yang diterapkan Dindikbudpora Kabupaten Semarang sampai sekarang, menuntut guru-guru SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Semarang terus berinovasi mendesain media pembelajaran agar siswa tertarik mengikuti pembelajaran. Banyak aplikasi tersedia untuk mempermudah guru berinteraksi dengan siswa di masa pandemi Covid 19 ini. Selain Whatsapp (WA), ada Google Classroom. Di dalam Google Classroom guru bisa memberikan materi, video, link/ tautan dan sekaligus form evaluasi.

Pada masa awal pandemi Covid 19, google form merupakan alat evaluasi baru bagi guru maupun siswa. Seiring perjalanan waktu, siswa mulai bosan mengerjakan evaluasi dengan google form, terbukti sekitar 45% siswa tidak ada peningkatan hasil belajar dan 34% siswa bahkan tidak mengerjakan evaluasi.

Menurut Amornchewin quizizz merupakan alat atau media pembelajaran yang dipercaya dapat memberikan motivasi siswa dalam pembelajaran dengan fitur-fitur menarik. Langkah-langkah menggunakan aplikasi quizizz, yang pertama membuat akun quizizz dengan cara masuk ke https://quizizz.com, masukkan akun, pilih teacher. Setelah mempunyai akun quizizz, barulah membuat kuis. Sebelum memasukkan soal ke dalam quizizz, sebaiknya sudah mempersiapkan soal dalam bentuk word, sehingga mempermudah dan mempercepat langkah pembuatan soal di quizizz, sama dengan pada waktu membuat google form. Untuk memasukkan soal dalam quizizz klik quiz creator, klik bidang materi yang sesuai dengan jenis soal, misalnya “geografi” lalu masukkan nama kuis yang akan dibuat, buat judul yang menarik, misalnya “Penjelajahan Benua-Benua di Dunia”, klik bahasa, mulai memasukkan soal satu per satu, atur kunci jawaban dan skor tiap soal, masukkan gambar jika ada, dan di save, salin kode quizizz.

Baca juga:   Asah Writing Skills dengan Vlogger Project

Sebelum dibagikan ke siswa bisa dilihat dulu di preview, maka akan tampak tampilan sebagai siswa. Jika sudah siap, kuis bisa dimainkan bersama-sama, seperti gameonline atau diatur sebagai pekerjaan rumah dengan batasan waktu yang sudah diatur oleh guru. Pemberian kuis bisa dengan 2 cara, yang pertama dengan langsung memberikan kode ke siswa, kedua dengan memasukkan link kuis ke google classroom. Cara kedua lebih efektif, karena nilai akan langsung muncul di kelas masing-masing, sedangkan jika dengan kode, maka harus download dulu dalam bentuk spreadsheet jadi satu untuk semua kelas.

Kelebihan evaluasi pembelajaran IPS pada masa PJJ menggunakan aplikasi quizizz ini adalah, tampilan quizizz lebih menarik, ada musik, bervariasi dan seperti game. Kuis bisa dimainkan sesuai keinginan siswa asalkan masih di dalam batas waktu yang diatur dalam kuis. Jika guru menginginkan evaluasi secara bersama untuk semua siswa, kuis bisa dimainkan secara bersama-sama, walaupun posisi di rumah masing-masing. Keuntungan lain bagi guru, selain nilai dan peringkat yang secara otomatis sudah muncul, terdapat analisa soal secara keseluruhan, maupun analisa butir soal, sehingga bisa langsung memberikan tindak lanjut. Kelemahan quizizz yaitu apabila handphone dan sinyal tidak mendukung, maka siswa tidak dapat bergabung dalam quiz, dan ada beberapa siswa yang tidak bisa bergabung di quiz yang di link dengan google classroom, maka jika dibantu oleh guru tetap tidak bisa, maka siswa mengerjakan dengan kode tanpa masuk google classroom.

Baca juga:   Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan dan Budaya di Masa Pandemi Covid-19

Penggunaan aplikasi quizizz untuk alat evaluasi terbukti mampu memotivasi siswa untuk mengerjakan evaluasi dengan gembira sehingga yang peserta evaluasi meningkat 90%, dan hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 84. (bw1/ton)

Guru SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Semarang

Author

Populer

Lainnya