Asah Kemampuan Matematika dengan Belajar Kelompok Mandiri

Oleh : Witoyo, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran matematika di masa pandemi ini haruslah dijalankan dengan cara yang kreatif dan efektif, hal ini dilakukan karena proses belajar mengajar tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka. Sebagaimana proses pembelajaran matematika yang dilakukan di SMA negeri 1 Kradenan pada materi trigonometri kelas X. Pembelajaran matematika materi trigonometri disampaikan guru dengan secara daring/online dan meminta siswa untuk belajar kelompok secara mandiri.

Materi trigonometri pada masa pandemi covid-19 ini dijalankan pembelajarannya secara online/daring. Meskipun pembelajaran tidak dilaksanakan tatap muka secara langsung, namun tidak mengurangi semangat siswa dalam belajar dan juga semangat guru dalam menyampaikan materi. Hal ini terjadi karena guru memiliki metode pembelajaran matematika yang tepat, sehingga pembelajaran dapat berjalan efektif dan menyenangkan.

Pada pembelajaran trigonometri, guru memilih metode belajar mandiri secara kelompok kecil. Di mana siswa yang ada dalam satu kelas dibagi menjadi kelompok – kelompok belajar yang anggotanya maksimal 3 orang. Setelah siswa membentuk kelompok belajar mandiri, guru menyampaikan materi trigonometri melalui aplikasi daring (misalnya google meet). Saat penyampaian materi trigonometri, guru memberikan penjelasan tentang pengertian trigonometri, manfaat belajar trigonometri, contoh soal dan cara mengerjakan soal trigonometri.

Baca juga:   Melatih Berpikir Komputasional dalam Menganalisis Persoalan dengan Flowchart

Setelah guru menyampaikan materi trigonometri secara online, guru memberikan soal pada siswa secara berkelompok. Masing-masing kelompok memperoleh soal yang berbeda satu sama lain. Kemudian secara berkelompok mandiri, siswa berusaha mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Apabila ada yang tidak dipahami oleh siswa, dapat ditanyakan kepada guru melalui aplikasi WhatsApp (WA) ataupun Google Classroom. Apabila siswa telah selesai mengerjakan, soal beserta jawaban dapat dikumpulkan kepada guru melalui Google Classroom untuk kemudian guru dapat membahas soal yang telah dikumpulkan oleh siswa dengan menggunakan aplikasi WA.

Meskipun pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Kradenan tidak dapat berjalan secara tatap muka langsung selama pandemi Covid-19 ini. Namun penyampaian materi trigonometri tetap dapat berjalan dengan efektif dan menyenangkan. Dengan pembelajaran secara kelompok mandiri ini dapat melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih paham tentang materi yang disampaikan oleh guru matematika. (bw2/ton)

Guru Matematika SMA Negeri 1 Kradenan

Author

Populer

Lainnya