Membaca Cepat dengan Pembiasan Membaca 15 Menit sebelum KBM Dimulai

Oleh : Hadi Harnoto, S.Pd.

spot_img

RADARSEMRANG.ID, KEMAMPUAN membaca merupakan hal yang harus dimiliki oleh masyarakat yang sedang belajar. Salah satu tujuan belajar adalah untuk mendapatkan ilmu. Ilmu pengetahuan pada umumnya dihimpun, dicetak dan dilestarikan dalam media cetak. Media cetak berfungsi bagi seseorang apabila orang tersebut mau membaca cepat dengan pemahaman. Di kelas VIII B SMP Negeri 1 Pemalang seharusnya kemampuan membaca siswa adalah 250 kata per menit. Banyak siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pemalang yang masih belum lancar membacanya apalagi memahami isinya. Cara membaca mereka masih dieja satu per satu. Kondisi seperti ini sungguh memprihatinkan. Dari 32 siswa di kelas VIII B SMP Negeri 1 Pemalang hanya sepuluh prosen yang dapat membaca lancar dan benar sedangkan sembilan puluh persen masih belum lancar dan banyak kesalahan dalam pengucapan.

Menurut Maryati (2005:30), membaca cepat merupakan kegiatan membaca yang dilakukan secara cepat, disertai dengan pemahaman isi bacaan. Minat membaca yang rendah merupakan penyebab utama terjadinya siswa tidak bisa membaca dengan lancar apalagi membaca cepat. Oleh karena itu siswa perlu dimotivasi untuk meningkatkan minat membaca. Salah satu cara untuk meningkatkan minat membaca adalah dengan latihan bertahap melalui pembiasaan membaca 15 menit sebelum KBM dimulai secara berpasangan. Semakin sering siswa dilatih dan diajak membaca semakin lancar dan cepat pula ketrampilan membaca anak.

Salah satu pilihan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mencoba mengajak siswa untuk pembiasaan membaca 15 menit secara rutin sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Metode pembiasaan membaca 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai ini merupakan metode yang efektif karena semakin sering siswa membaca maka semakin cepat pula siswa dapat menyelesaikan setiap bacaan yang disuguhkan.

Baca juga:   Story Mapping : Tingkatkan Pemahaman Membaca Narrative Text

Dengan membaca menggunakan metode pembiasaan membaca 15 menit sebelum KBM dimulai diharapkan: Pertama, kecepatan membaca siswa dapat meningkat sampai pada batas minimal yaitu mampu membaca cepat 250 kata permenit. Kedua, pemahaman siswa tentang bacaan yang dibaca dapat meningkat sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan–pertanyaan dengan benar minimal tujuh puluh lima prosen. Ketiga, dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga menumbuhkan minat membaca siswa. Keempat, dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Membaca merupakan kegiatan merangkai kata-kata yang penuh makna. Pemahaman makna atau isi bacaan ini seringkali menimbulkan banyak penafsiran. Olek karena itu, suatu teks bacaan perlu dihayati dan dipahami secara cermat. Sering kali siswa setelah membaca cepat suatu bacaan ditinggal begitu saja tanpa mengerti isinya. Di bawah ini ada langkah-langkah membaca cepat menerapkan metode pembiasaan, yaitu: Pertama, setiap kali pertemuan selama 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar, siswa diajak membaca sebuah bacaan secara berpasangan dan bergantian meskipun hanya satu paragraf.

Kedua, siswa diajak untuk memaknai setiap kata karena setiap bacaan terdapat sejumlah kata yang sama, mungkin arti atau maknanya berbeda apabila dikaitkan dengan konteks yang berlainan.
Ketiga, siswa diajak untuk memahami setiap kalimat sesuai intonsi karena setiap kalimat menunjukkan suatu pengertian tertentu, apabila disertakan faktor intonasi dalam membacanya yang akan menunjukkan makna yang berlainan
Keempat, selain intonasi, siswa ditunjukkan adanya tanda-tanda baca yang akan mempertegas secara khusus pesan penulis yang harus dihayati dalam mengartikan kalimat tersebut. Kelima, siswa diajak untuk menemukan kata kunci dalam kalimat atau kalimat kunci dalam suatu paragraf untuk mempermudah pemahaman suatu bacaan.

Baca juga:   Microsoft Teams 365 Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi

Keenam, siswa diberi pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab. Dari sepuluh pertanyaan, minimal tujuh puluh lima prosen bisa dijawab dengan benar.
Kegiatan pembiasaan membaca 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai memiliki tujuan: Pertama, dapat meningkatkan minat baca siswa. Kedua, dapat meningkatkan kelancaran dan kecepatan membaca pada siswa. Ketiga, dapat meningkatkan pemahaman terhadap bacaan yang telah dibaca.

Selain tujuan di atas, kegiatan pembiasaan membaca 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai juga memiliki manfaat : Pertama, siswa mempunyai minat membaca yang tinggi sehingga kecepatan membaca cepat pun meningkat. Kedua, guru dapat menerapkan metode ini dan menjadi pengalaman menerapkan strategi pembelajaran karena mudah dan lebih efektif. Ketiga, bagi sekolah metode ini dapat digunakan untuk memotivasi dan memberikan masukan para guru agar dapat mengembangkan berbagai macam metode pembelajaran yang dapat meningkatkn mutu pembelajaran.

Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan membaca akan meningkat secara maksimal melalui pembiasaan membaca 15 menit secara berpasangan sebelum kegiatan belajar dimulai. (pg1/zal)

Guru SMPN1 Pemalang

Author

Populer

Lainnya