Meningkatkan Prestasi Belajar IPS melalui Pemberian Tugas sebelum Materi Diajarkan

Oleh : Intarto, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah baik itu di tingkat dasar, menengah maupan di tingkat atas. IPS merupakan mata pelajaran yang sangat penting sebab mata pelajaran ini menyangkut masalah kehidupan sehari – hari yang terkait dengan interaksi sosial baik dalam pemenuhan kebutuhan secara ekonomi, sosial maupun budaya. Pelajaran IPS dimaksudkan untuk membantu siswa dalam mengemukakan fakta – fakta, konsep – konsep, prinsip – prinsip, dan ketrampilan untuk belajar IPS yang memiliki objek yang nyata, pola pikir deduktif, dan konsisten, juga untuk mengembangkan kemampuan siswa berpikir kualitatif dan kemampuan memecahkan masalah kehidupan sehari-hari.

Mengingat pentingnya IPS maka pada saat ini telah banyak dilakukan berbagai usaha untuk mengadakan perbaikan pendidikan IPS. Antara lain perbaikan kurikulum di sekolah – sekolah, perbaikan materi pelajaran, perbaikan proses belajar, pengadaan buku pelajaran, penyediaan alat alat peraga, pelatihan guru IPS, penyediaan soal- soal dalam bentuk bank- bank soal, dan lain-lain. Dengan usaha perbaikan pendidikan IPS tersebut seharusnya prestasi siswa meningkat bahkan mencapai optimal.

Baca juga:   Metode Examples Non Examples dalam Pembelajaran Present Tense

Namun kenyataannya prestasi belajar IPS yang dicapai oleh para siswa kelas VIII SMP N 1 Sukorejo masih rendah,hal itu disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : Pertama, dalam mengikuti pembelajaran sebagian besar siswa tidak memiliki persiapan belajar, sebab siswa tidak belajar sebelumnya sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep materi IPS yang sedang dipelajari. Bahkan kebanyakan dari siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Kedua, siswa tidak pernah belajar sebelum materi diajarkan mungkin karena tidak ada tugas dari guru. Karena selama ini guru hanya memberikan tugas setelah materi diajarkan. Sehingga siswa hanya menyelesaikan tugas yang diberikan tanpa belajar materi yang akan dipelajari selanjutnya. Ketiga, lemahnya sikap positif siswa terhadap mata pelajaran IPS sehingga perlu ditumbuhkan dengan cara memberikan tugas belajar terhadap materi yang akan disampaikan.

Berdasarkan kenyataan yang ada serta faktor- faktor yang mempengaruhi presasi belajar IPS rendah, maka hal ini dapat digunakan sebagai petunjuk bahwa usaha perbaikan prestasi belajar IPS para siswa masih perlu dilakukan secara terus menerus. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS dapat dilakukan dengan memberikan tugas kepada siswa sebelum materi diajarkan, di samping memberikan tugas setelah materi diajarkan.

Baca juga:   Free Conference Call Tingkatkan Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Jarak Jauh

Pemberian tugas sebelum materi diajarkan akan memotivasi siswa untuk membiasakan diri belajar sebelum materi diajarkan, sehingga siswa memiliki persiapan. Kesiapan mengikuti pelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, proses belajar dan belajar yang aktif.

Metode pemberian tugas dan latihan yang diberikan oleh guru untuk meningkatkan ketrampilan pemecahan soal dengan cara mengerjakan latihan, membantu siswa untuk mengingat, memberi PR, mengajukan pertanyaan secara lisan dan diskusi kelompok. Pemberian tugas rumah sangat perlu diberikan karena dapat menguatkan dan menimbulkan sikap positif terhadap pelajaran IPS. Dalam pemberian tugas guru dianjurkan tidak memberi tugas yang terlalu banyak sebab akan menimbulkan sikap negatif terhadap ilmu pengetahuan sosial. (pg1/ton)

Guru SMP N 1 Sukorejo-Kendal

Author

Populer

Lainnya