Serunya Permainan Game Penilaian Kahoot

Oleh : Subekhi, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam standar proses (Permendikbud No. 22 Tahun 2016) disebutkan bahwa kegiatan guru dalam pengelolaan pembelajaran meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Penilaian merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu (Arifin, 2013).

Menurut Permendikbud No.23 Tahun 2016, penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Kegiatan penilaian memerlukan instrumen penilaian dan teknik penilaian. Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil belajar tetapi juga pada proses belajar. Penilaian berfungsi mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik.
Hadirnya teknologi internet memungkinkan penilaian dapat dilakukannya secara virtual sehingga lebih mudah dan efisien. Kahoot adalah sebuah website di internet yang dapat menghadirkan suasana kuis penilaian yang meriah dan heboh ke dalam kelas. Dengan bermain Kahoot ini siswa menjadi aktif dan pembelajaran menjadi sangat menyenangkan sehingga membuat para peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran.

Baca juga:   Cepat Lancar Baca dengan Media Kreatif SAS bagi Siswa Kelas Rendah

Pada penilaian harian muatan pembelajaran IPA dengan kompetensi dasar: Membandingkan perkembangbiakan tumbuhan dan hewan di SD Negeri 02 Asemdoyong, penulis menggunakan Kahoot untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Ada dua langkah yang harus kita lakukan dalam bermain kuis dalam permainann Kahoot. Kahoot memiliki 4 fitur: game, kuis, diskusi dan survei. Untuk game, kita bisa membuat jenis pertanyaan, dan menentukan jawaban yang paling tepat serta waktu yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Uniknya, jawaban nantinya akan diwakili oleh gambar dan warna. Peserta diminta memilih warna/gambar yang mewakili jawaban.

Untuk membuat kuis dalam kahoot, login ke https://create.kahoot.it/. Jika masih belum memiliki akun, lakukan registrasi dahulu menggunakan akun gmail, setelah itu dapat mulai membuat kuis. Dalam proses pembuatan kuis, dapat menambahkan soal, altenatif jawaban, menentukan jawaban yang benar, dan pengaturan lain yang diperlukan.

Setiap kuis yang dibuat secara otomatis tersimpan pada akun kahoot. Setelah kuis selesai dibuat, baru dapat memainkan kuis di dalam kelas. Kuis yang akan dimainkan di dalam kelas diidentifikasi dengan sebuah PIN. Sebelum siswa mulai menampilkan kuis, kita harus mempublikasikan PIN terlebih dahulu, selanjutnya siswa dapat memainkan kuis baik secara individual maupun berkelompok melalui situshttps://kahoot.it/ dan memasukkan PIN yang telah diberikan. Pada akhir kuis, Kahoot menampilkan hasil dari kuis, dan kamu dapat melihat skor perolehan yang dikumpulkan oleh siswa atau kelompoknya.

Baca juga:   Pembelajaran Menulis Surat Pribadi Menggunakan Metode EGP

Dalam pengamatan penulis saat permainan game kuis Kahoot, terjadi kompetisi yang seru antarsiswa untuk meraih skor tertinggi sehingga keluar sebagai pemenangnya. Hal ini disebabkan tiap butir kuis dibatasi alokasi waktunya saat menjawab sehingga siswa dituntut untuk berfikir secara cepat dan benar. Dengan demikian menunjukkan penggunaan Kahoot dapat meningkatkat aktivitas dan prestasi belajar siswa. (ce1/lis)

Guru SD Negeri 02 Asemdoyong, Kec. Taman, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya