Inspirasi Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Lagu Manca

Oleh : Widodo, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sejak terjadi pandemi Covid-19 mulai bulan Maret 2020 hingga akhir tahun 2020 bealajar di rumah dengan istilah pembelajaran jarak jauh (PJJ) diterapkan di berbagi belah dunia termasuk di negeri kita. Cara ini harus ditempuh karena merupakan cara atau metodologi yang sangat praktis dan efektif pada situasi pandemi pada tiap-tiap jenjang pembelajara utamanya pada pembelajaran bahasa Inggris.

Dalam sebuah artikel yang berjudul “Inspirasi Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Lagu Manca” saya mencoba sebuah metodologi untuk mengatasi kejenuhan, kebosanan sambil menghibur dalam menemani belajar jarak jauh di rumah masing-masing selama pandemi covid-19 melalui sebuah lagu manca di kelas VII. Selain menghilangkan kejenuhan dapat pula menambah khasanah perbendaharan kosa kata baru (new vocabulary buildier) dan arti sebuah makna isi hati.

Pembelajaran sebuah lagu juga dituangkan pada materi pemmbelajaran di Kurikukulum -13 melalui kajian para peneliti dan para pakar yang ahli di bidangnya mengungkapkan kerangka pemikirannya bahwa lagu adalam ragam suara yang bermakna (dalam percakapan membaca dan sebagainya nyanyian ragam nyanyi (KKB, 2003: 624). Berdasarkan pengertian di atas, melalui unsur lirik adalah susunan sebuah nyanyian (KKB, 2003: 678), sementara (Melani, 2009: 20) berpendapat bahwa bahasa yang menginspirarasi orang-orang yang mendengarkannya.

Baca juga:   Kid Zaman Now dan Update Status Beraksara Jawa

Menurut Sudjana dalam Melani (2009: 22), kelebihan mendengarkan lagu adalah dapat diputar berulangulang kali sama dengan kebutuhannya siswa untuk mengembangkan daya imajinasi siswa, sangat efektif untuk pembelajaran Bahasa dan pengadaan programnya yang sangat mudah. Jika mereka mendengarkan sebuah lagu yang bertajuk bahasa Inggris/lagu manca secara tidak langsung tentu mereka rasa ingin tahu dari arti sebuah lagu tersebut. Hal ini perlunya para pendidik bisaa mensikapi dengan bijaksana bisa menjelaskan dan memaparkan maksud lagu tersebut. Dalam setiap lagu tentu punya makna yang tersirat dan tersurat sehingga pembelajaran melalui sebuah lagu sangat diperlukan karena uadah tertuang di K-13 selain menambah wawasan dan menghibur serta penyemangat belajar jarak jauh di era pandemi covid-19 saat ini. Oleh karena itu perlunya para pendidik menyiapkan langkah-langkah untuk menciptakan sebuah lagu dalam memberikan materi pelajaran yang berkaitan dengan tema/sub tema tentang lagu (song) meliputi : (1) Tuangkan kata-kata/kalimat yang terlintas di benak anda di atas kerta bentuk tertulis bisa secara langsung. (2) Rekam dengan alat seadanya irama-irama yang terlintas di benak anda bisa dilakukan secara langsung pada saat pemberian tugas tersebut. (3) Jangan terpaku kepada aliran /jenis musik tertentu (yang enak menurut kehendaknya sendiri karena hasil akhir lagu anda bisa dibuat berbagai aliran. (4) Hanya tentukan satu tema saja disetip lagu yang akan anda bikin sebagi materi pembelajaran biar yang mendengarkan bisa cepat nangkap/respon isi lagu yang anda persiapkan/ciptakan

Baca juga:   Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount melalui Metode PaP

Dengan mencoba penerapan sebuah lagu pada pembelajaran lagu manca para siswa –siswi tetap bersemangat untuk menambah khasanah/wawasan betapa arti penting pemahaman dari sebuah lagu menumbuhkan kerangka imajinasi yang terbentuk. Terbukti pembelajaran Bahasa Inggris melalui lagu manca sangat efektif bagi para siswa-siswi selalu merasa lebih enjoy untuk mencapai tantangan meraih presasi naik jenjang level selanjutnya. (ti1/ton)

Guru Bahas Inggris SMP Muhammadiyah 1 Surakarta

Author

Populer

Lainnya