Memakai Messenger Room Bersama 32 Siswa dalam Kelas Online

Oleh : M. Husni Mubarok, S.S.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Selama masa pandemi Covid-19 belum selesai, kegiatan pembelajaran dilakukan secara virtual dari rumah mereka. Keluhan dan kritikan dari siswa dan orang tua mereka banyak disampaikan kepada bapak/ibu guru, mulai dari kurang menariknya kelas daring, cueknya beberapa atau banyak siswa, juga kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa. Belum lagi masalah kuota, gawai, sinyal, yang acapkali menjadi problem umum yang dialami selama kelas daring. Zoom dan google meet tampaknya belum menjadi solusi bagi mereka sepenuhnya. Whatsapp group voice/video call tampaknya bisa mengatasi semua kendala tersebut, namun fitur ini ternyata memiliki keterbatasan partisipan yang hanya sampai 8 pengguna saja.

Rupanya masalah itu terjawab oleh whatsapp melalui messenger room yang terintegrasi dalam grup whatsapp. Fitur ini bisa dinikmati sampai dengan 50 orang secara bersamaan, baik melalui ponsel maupun whatsapp web dengan laptop atau PC. Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi whatsapp terbaru, seperti versi 2.2031.4.
Sebelum memulai kelas, guru perlu memilih video pembelajaran sebagai media. Tak usah khawatir, video bisa diambil melalui aplikasi ini dan tidak perlu men-downloadnya. Dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah penulis, yaitu SMPN 1 Sragi, Kabupaten Pekalongan, digunakan video dengan judul ‘Bahasa Inggris Kelas 7 – Greeting and Leave Taking Part 2 (Live)’. Alangkah baiknya, pembaca langung mempraktikkan langkah-langkah berikut :

Pertama, bukalah halaman chat grup kelas daring. Kedua; pilihlah satu dari dua langkah berikut: a) klik icon ‘group call’ yang bergambar telepon bertanda plus (+) pada sebelah kanan atas, lalu pilih icon ‘create room’ dengan gambar handycam berwarna hijau, atau b) Klik icon ‘paper clip’ di chat bar bawah layar, kemudian pilih icon ‘room’ dengan gambar yang sama (handycam) berwarna biru. Kedua, icon ‘room’ tersebut mempunyai fungsi yang sama. Ketiga, layar akan dialihkan ke halaman messenger lalu silakan pilih tulisan ‘create room as (nama pengguna)’. Perlu diperhatikan bahwa guru sebagai ‘tuan rumah’ harus memiliki aplikasi messenger terbaru. Keempat, akan muncul link khusus yang bisa disalin -dengan menekan tombol ‘copy link’- untuk dikirim melalui chat bar di grup kelas guna mengundang anggota grup lainnya (siswa), atau bisa dengan menekan gambar icon whatsapp yang muncul dibawahnya. Kelima, selanjutnya, guru bisa meminta siswa untuk bergabung dengan cukup menekan link tersebut, kemudian menge-klik tulisan ‘join as (nama siswa/nama akun facebook siswa)’ dalam kotak berwarna biru yang muncul pada layar HP siswa. Keenam, sesudah itu, panggilan untuk bergabung akan terhubung ke HP guru, silakan pilih ‘join/gabung’ supaya panggilan tersebut terhubung. Lakukan hal yang sama pada semua panggilan dari siswa.

Baca juga:   Whatsapp Group Mempermudah Anak Mengekspresikan Cerita Fabel

Sesudah seluruh siswa terhubung, guru bisa memulai kelas seperti yang telah direncanakan. Selanjutnya, silakan tampilkan video pembelajaran dengan menyeret ke atas menu bar (kotak hitam) pada bawah layar. Setelah muncul fitur-fitur yang ada di bawahnya, pilihlah tombol ‘watch together’, lalu ketikkan judul/materi/tema video pembelajaran yang diinginkan pada kolom ‘search video’. Dalam kelas yang diujicobakan, penulis mengetik judul ‘Bahasa Inggris Kelas 7 – Greeting and Leave Taking Part 2 (Live)’. Setelah muncul, klik videonya. Guru bisa menyaksikan video pembelajaran tersebut bersama semua siswa sekaligus mendiskusikannya, sambil secara silih berganti berbicara dalam forum tersebut. Bila guru ingin menerangkan materi secara klasikal dan supaya suara-suara dari HP siswa tidak ikut masuk dalam obrolan, mintalah semua siswa menonaktifkan speaker dengan cara menekan tombol bergambar mikrofon yang berada pada menu bar bawah layar HP. Secara bergantian mereka bisa mengaktifkan kembali speaker apabila mendapat kesempatan berbicara.

Di sisi lain, di samping sebagai media penyampaian materi yang efektif, tentunya aplikasi ini bisa menjadi media alat pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian siswa sebagai bentuk penilaian praktik, seperti memperagakan dialog dalam pelajaran ‘greeting and leave taking’ di sekolah penulis mengajar.
Istimewanya, semua siswa bisa terhubung melalui Whatsapp Messenger Room meski mereka tidak memiliki aplikasi messenger. Link undangan video call dari guru akan otomatis tersambung dengan browser bawaan (chrome/mozilla). Siswa hanya perlu mengetikkan nama pada kolom yang disediakan lalu klik ‘gabung sebagai tamu’. (ti3/ton)

Baca juga:   Aktif Kolaboratif dalam Belajar Raungan dengan Media PCR

Guru SMPN 1 Sragi, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya