Simulasi Interaktif Keseimbangan Tuas dengan PhET

Oleh : Fitriani Ulfatus Sa’adah, M.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID,Fisika merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan alam atau dikenal dengan sains. Sains merupakan sebuah proses, karena merupakan suatu rangkaian kegiatan yang terstruktur dan sistematis yang dilakukan untuk menemukan konsep, prinsip dan hukum tentang gejala alam termasuk di dalamnya kemampuan berpikir untuk menyusun dan menemukan konsep-konsep baru. Untuk itu diperlukan sarana dan prasarana yang mendukung kelangsungan proses kegiatan belajar mengajar yang lebih praktis dan efektif.

Perkembangan dunia teknologi dan informasi yang semakin pesat dapat memberikan alternatif bagi pendidik untuk menggunakan berbagai media pembelajaran salah satunya yaitu Physics Education and Technology (PhET). Media simulasi PhET ini dikembangkan untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep-konsep fisika secara visual yaitu menggunakan grafik dinamis yang secara eksplisit dapat menghidupkan model visual dan konseptual yang digunakan oleh fisikawan ahli (Wieman et el, 2010). Simulasi ini dirancang agar fleksibel sehingga dapat digunakan sebagai demonstrasi kuliah, praktikum, atau kegiatan pekerjaan rumah. Selain itu, pengguna dapat mengunduh dan menginstal untuk digunakan secara offline.

Baca juga:   Menyenangkan Belajar Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan Google Classroom

Pesawat sederhana sebagai salah satu materi IPA yang dipelajari di kelas VIII akan lebih mudah dipahami apabila disertai tampilan visual baik materi maupun simulasi. Penyampaian materi kepada siswa dapat diperjelas dengan adanya simulasi visual yang ditampilkan PhET mengenai konsep keseimbangan pada tuas. Diawali dengan membuka situs http://phet.colorado.edu/en/get-phet/full-instal dan memilih materi simulasi yang diinginkan. Setelah menemukan materi simulasi yang inginkan (keseimbangan tuas) maka langkah selanjutnya adalah mengunduh file simulasi, sehingga nantinya dapat diaplikasikan secara offline. Langkah selanjutnya dalam pembelajaran ini adalah guru membuat video pembelajaran yang memuat cara mengoperasionalkan PhET dan memandu siswa dengan menyampaikan materi konsep pesawat sederhana, selanjutnya siswa dapat mencoba simulasi pada bagian lab.keseimbangan. setelah itu, guru akan membagikan link LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang dimuat dalam google form, soal pada LKPD disesuaikan dengan bagian permainan pada simulasi PhET, sehingga untuk bisa menjawab LKPD dengan benar, siswa harus membuka PhET dan melakukan ujicoba keseimbangan tuas jungkat-jungkit. Meskipun keseimbangan jungkat-jungkit ini dapat dihitung dengan menggunakan rumus, namun akan lebih menarik antusias siswa karena dikemas dengan permaminan. Penilaian yang dapat dilakukan oleh guru melalui respon LKPD pada google form juga foto permainan keseimbangan yang diupload siswa dalam grup WA atau google classroom. Melalui simulasi permainan keseimbangan ini, diharapkan siswa dapat memahami bahwa keseimbangan dapat dipengaruhi oleh beban, panjang lengan beban, dan panjang lengan kuasa.

Baca juga:   Adipura Sekolah melalui Aktualisasi Gerakan BRI Mandiri

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan simulasi PhET dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa karena dapat memfasilitasi keterbatasan referensi petunjuk praktikum dan alat praktikum. Sejalan dengan hasil penelitian tersebut, materi pesawat sederhana khususnya keseimbangan tuas yang disampaikan melalui simulasi permainan di SMP Filial Negeri 20 Semarang dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan banyaknya respon LKPD dan unggahan foto pada WA maupun google classroom. (ti2/ton)

Guru SMP Filial Negeri 20 Semarang

Author

Populer

Lainnya