Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Siswa dalam Menggambar Grafis

Oleh : Dwi Hartanti, S.T

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Membuat kreasi desain dengan CorelDraw dan mempublikasikan hasil produk untuk dijual merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa. Dari hasil wawancara dengan sesama rekan guru Bimbingan TIK dari sekolah lain, di sekolah menengah atas (SMA) khususnya Kabupaten Klaten, meskipun sekolah memberikan pembelajaran kepada peserta didik dalam membuat karya desain tetapi belum sampai tahap promosi.

Menurut Robbin & Coulter, kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisasi dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan. Tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini. Seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan, mempunyai kemampuan dalam melakukan kegiatan yang mengarah pada penciptaan sebuah produk baru. Berusaha untuk memberikan pelayanan yang baik untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Bimbingan TIK dalam kegiatan ekstrakurikuler “SECURE” di SMA Negeri 1 Klaten memberikan materi terkait dengan penggunaan aplikasi grafis CorelDraw dalam pembuatan karya desain. Hasil karya desain dapat berupa poster, stiker, dan juga gambar logo. Guru bimbingan TIK selaku pembimbing ekstrakurikuler “SECURE” merancang proses pembuatan karya desain. Pembuatan karya desain ini dirancang dengan harapan meningkatkan keterampilan siswa dalam mendesain dan selanjutnya hasil berupa karya desain ini dipasarkan dalam rangka meningkatkan jiwa kewirausahaan.

Baca juga:   Pembelajaran Sebuah Teks Ilmiah Fakta pada Masa Pandemi Covid-19

Pada awal pertemuan, dilakukan komunikasi dengan peserta didik terkait dengan penggunaan CorelDraw sebagai aplikasi grafis. Didapatkan hasil bahwa pengetahuan anak terkait dengan aplikasi grafis masih sangat minim. Siswa banyak yang belum bisa menggambar grafis dengan CorelDraw. Langkah selanjutnya yang dilakukan guru selaku pembimbing, menunjuk beberapa siswa yang memiliki kemampuan lebih terkait penggunaan aplikasi CorelDraw untuk menjadi asisten guru. Anak-anak yang terpilih sebagai asisten guru ini selanjutnya dipersiapkan dan dilatih tersendiri untuk diberikan modal ilmu terkait CorelDraw dan nantinya ilmu yang didapat ini ditularkan kepada teman-temannya.

Semua kekurangan bisa terbantu dengan cara tutor teman sebaya. Originalitas karya desain dalam hal ini sangat terjaga karena guru mendampingi siswa dari proses awal membuat karya desain. Dalam hal ini peran tutor sebaya sangat penting. Siswa bisa saling membantu dan antarsiswa bisa memberikan masukan kepada teman yang lain. Tutor sebaya ini ternyata sangat efektif dan terbukti dapat meningkatkan keterampilan menggambar siswa dengan CorelDraw. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil karya siswa dalam bentuk karya desain.

Baca juga:   Scratch Atasi Kebosanan Belajar dalam PJJ

Pada saat proses pembuatan karya desain sampai didapatkan hasil, didapatkan peningkatan keterampilan siswa dalam membuat karya grafis dengan CorelDraw. Walaupun belum 100 persen siswa dapat menggambar desain dengan baik, namun dengan tekad dan semangat untuk mencoba dan kerja sama yang baik dengan teman dapat membuat karya desain mereka menjadi lebih sempurna.

Meskipun masih banyak karya desain yang perlu diedit dan diperbaharui, masih banyak ditemukan siswa yang keliru dalam menggunakan teknik desain. Pendampingan dari tutor teman sebaya ini memberikan pemandangan yang indah selama pembelajaran. Dengan penuh kesabaran, peserta didik yang ditunjuk sebagai pioner memberikan arahan dalam pembuatan gambar grafis ini.

Selanjutnya, setelah melalui beberapa tahap pembelajaran dihasilkan karya desain dalam bentuk stiker. Stiker yang sudah jadi dikumpulkan di guru untuk diseleksi dan akan dilakukan proses cetak dan kemudian dijual di teman-teman sekolah dan juga koperasi siswa. Kerja sama siswa dalam proses pembelajaran menjadi kunci utama dalam menghasilkan karya desain ini. Mempublikasikan karya desain, merupakan salah satu cara membangkitkan jiwa kewirausahaan. Semoga dengan kegiatan ini, siswa termotivasi untuk selalu berkarya dan berinovasi untuk menghasilkan produk baru. (pai2/lis)

Guru Bimbingan TIK- SMA Negeri 1 Klaten

Author

Populer

Lainnya