Alat Peraga Sederhana Efektif untuk Memahami Hukum I Newton

Oleh : Sutari, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DALAM proses belajar mengajar diperlukan adanya media pembelajaran (alat peraga). Media sumber belajar atau media pembelajaran sendiri memiliki arti sebagai alat bantu yang berguna dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat mewakili sesuatu yang tidak dapat disampaikan guru melalui kata-kata atau kalimat. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat belajar bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap peserta didik.

Penggunaan media pembelajaran dapat lebih menekankan pada karakteristik peserta didik berdasarkan stimulus atau rangsangan yang ditimbulkan oleh media. Sehingga peserta didik akan lebih cepat dalam menerima pelajaran. Khususnya pada pelajaran IPA, yang di rasa sangat penting jika media (alat peraga) dihadirkan dalam pembelajaran IPA.

Media diperoleh dari membeli alat yang di butuhkan atau dengan membuat alat peraga sederhana. Alat peraga sederhana adalah alat yang dapat dirancang dan dibuat sendiri dengan memanfaatkan alat atau bahan disekitar lingkungan kita. Perancangan dan pembuatan alat peraga sederhana dapat di lakukan oleh peserta didik dengan bimbingan dari guru. Hal ini dapat membuat peserta didik lebih memahami materi yang di ajarkan dan juga untuk menambah ketertarikan peserta didik karena adanya rasa memiliki alat peraga yang telah di buat sendiri.

Baca juga:   Meningkatkan Keterampilan Menyimak dengan Model Pembelajaran Kooperatif

Tentunya, alat peraga sederhana dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran selama musim pandemi dan pembelajaran dilakukan secara online/jarak jauh. Dengan adanya alat peraga sederhana yang di buat sendiri dengan bimbingan guru melalui google classroom atau WhatsApp, juga dapat menumbuhkan kreatifitas peserta didik. Dalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan praktik langsung terutama pada materi IPA khususnya Hukum I Newton. Dengan adanya media pembelajaran (alat peraga sederhana) ini berguna menjelaskan cotoh peristiwa Hukum I Newton atau sifat kelembaman. Alat yang diperlukan di sini adalah 1 lembar kertas HVS dan 1 buah gelas/uang logam. Dimana gelas diletakkan diatas kertas HVS, bila kertas HVS ditarik dengan cepat, maka gelas tidak ikut bergeser (peristiwa kelembaman/Hukum I Newton).

Alat peraga sederhana terbuat dari bahan yang sering dijumpai di sekitar kita dan tentunya dengan biaya murah, mudah di dapat, mudah dibuat, dan mudah digunakan. Dengan menggunakan alat peraga sederhana, dapat dilaksanakan pembelajaran tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Selain itu, dapat juga menerapkan suatu pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menarik bagi peserta didik. Disini hanya sedikit waktu yang diperlukan untuk persiapan. Dengan praktikum memakai alat peraga sederhana secara tepat, guru akan menanamkan kesan yang jauh lebih dalam, yang mungkin akan mempengaruhi seluruh kehidupan dari anak yang di didik.

Baca juga:   Model Jigsaw Tingkatkan Minat Siswa Belajar PPKn

Fungsi alat peraga dalam proses belajar mengajar yaitu sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif, merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar, salah satu unsur yang harus dikembangkan guru, harus melihat kepada tujuan dan bahan pelajaran, lebih menarik perhatian siswa, mempercepat proses belajar mengajar dan membantu peserta didik dalam menangkap pengertian yang diberikan guru juga untuk mempertinggi mutu belajar mengajar. Alat peraga sederhana dapat digunakan untuk semua mata pelajaran sesuai dengan kebutuhannya. (bp2/zal)

Guru IPA SMPN 1 Wonokerto, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya