Model Pembelajaran Direct Instruction pada Gerak Spesifik Renang Gaya Dada

Oleh : Arifin, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Metzler (2000) mengatakan “direct Instruction is characterized by decidedly teacher-centered decision and teacher directed engagement patterns for learners.” Artinya model ini merupakan suatu model yang bersifat teacher-centered, artinya dalam proses belajar mengajar segala keputusan, baik penyampaian informasi dan materi secara langsung diberikan oleh guru. Karakteristik model pembelajaran ini menurut Slavin (dalam Yunyun dkk, 2013:46) adalah menginformasikan tujuan pembelajaran dan orientasi pelajaran kepada siswa, mereviu pengetahuan dan keterampilan prasyarat. Menyampaikan materi pelajaran, menyajikan informasi, melaksanakan bimbingan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menilai tingkat pemahaman siswa dan mengoreksi kesalahan konsep, memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih, menilai kinerja siswa dan memberikan umpan balik, serta memberikan latihan mandiri.

Pemilihan model pembelajaran direct instruction pada gerak spesifik renang gaya dada dengan pertimbangan keselamatan peserta didik di kolam renang merupakan hal yang utama mengingat kegiatan pembelajaran di kolam renang sangat rawan terjadi kecelakaan.

Peran guru dalam model pembelajaran direct instruction pada gerak spesifik renang gaya dada adalah kreator, inspirator, informatory, organisator, motivator, inisiator, fasilitator, pembimbing, pengelola kelas, mediator supervisor. Selain itu peran guru dalam proses pembelajaran dalam model pembelajaran direct instruction pada gerak spesifik renang gaya dada adalah sebagai manusia nara sumber, menjelaskan tujuan pembelajaran, mendemonstrasikan keterampilan atau menyajikan informasi secara bertahap, memberi latihan terbimbing. Mengecek kemampuan siswa dan memberi umpan balik, dan menyiapkan latihan untuk siswa pada gerak spesifik renang gaya dada.

Baca juga:   Belajar Membilang Loncat Menyenangkan dengan Lantai Keramik

Peran siswa dalam model pembelajaran direct instruction pada gerak spesifik renang gaya dada adalah sebagai berikut : siswa hanya mendengarkan ceramah/pelajaran oleh guru (penerima informasi), siswa menyampaikan pendapat dalam/dengan diskusi, siswa aktif saat guru memberi kesempatan seperti menjawab pertanyaan guru. Siswa mengerjakan semua aktivitas yang diperintahkan oleh guru, siswa sebagai objek penyampai informasi, dan siswa mampu mengaplikasikan informasi yang didapat.

Langkah-langkah model pembelajaran direct instruction pada gerak spesifik renang gaya dada sebagai berikut : revieuw previously learned material (pada fase ini guru berperan dalam menjelaskan tujuan pembelajaran gerak spesifik renang gaya dada, materi prasyarat, memotivasi siswa dan mempersiapkan siswa), presenting new content skill (pada fase ini guru berperan dalam mendemonstrasikan keterampilan atau menyajikan informasi tahap demi tahap gerak spesifik renang gaya dada), initial student practice (pada fase ini guru memberikan latihan terbimbing gerak spesifik renang gaya dada), feedback and correctives (pada fase ini seorang guru berperan dalam mengecek kemampuan siswa seperti memberi kuis gerak spesifik renang gaya dada dan memberi umpan balik seperti membuka diskusi untuk siswa), dan independent practice (pada fase ini guru berperan dalam mempersiapkan latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep gerak spesifik renang gaya dada yang dipelajari pada kehidupan sehari-hari).

Baca juga:   Asyiknya Pembelajaran Pasar melalui Kunjungan ke Minimarket

Penggunaan model pembelajaran direct instruction sangat tepat diterapkan pada materi gerak spesifik renang gaya dada karena sesuai dengan karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran, dan keselamatan peserta didik di kolam renang. (ti1/lis)

Guru PJOK SMP Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya