Efektifkan Menulis Cerpen dengan Media Gambar Berseri

Oleh : Kusmoro Endidik, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran yang hanya dilakukan menggunakan buku teks dan ceramah tanpa menggunakan media tertentu sebagai variasi, cenderung membuat siswa malas, dan bosan. Kemunculan rasa malas, atau jenuh tentu saja akan berdampak buruk bagi siswa karena akan membuat semangat dan motivasi mereka dalam belajar menurun dan berakibat buruk bagi prestasi mereka di sekolah. Maka, seorang guru haruslah membuat suatu kegiatan belajar yang kreatif dan inovatif sehingga mampu menarik kembali minat siswa dalam belajar.

Salah satu cara kreatif dan inovatif yang dilakukan guru bahasa Indonesia dalam menyampaikan pelajaran adalah menggunakan media gambar berseri. Media gambar berseri pada umumnya hampir sama dengan media gambar lainnya. Namun, media gambar berseri memiliki rangkaian peristiwa atau kejadian yang saling berhubungan satu dengan yang lain.

Menurut Sapari (dalam Ekawati, 2009), media gambar seri merupakan serangkaian gambar yang terdiri dari 2 hingga 6 gambar yang menceritakan sesuatu yang dapat dijadikan alur pemikiran siswa dalam mengarang, setiap gambar dapat dijadikan paragraf.

Penggunaan media gambar berseri dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Kesesi memiliki peranan yang sangat penting khususnya dalam kegiatan menulis karena memiliki gambar (rangkaian peristiwa/kejadian) yang sudah terstruktur atau tersusun secara sistematis sehingga memudahkan siswa dalam menuangkan gagasan, pikiran, atau ide-idenya melalui kegiatan menulis.
Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam hal ini, siswa diberikan pretes terlebih dahulu untuk mengukur kemampuan menulis cerita pendek. Setelah itu, siswa diberikan perlakuan dengan menerapkan media gambar berseri. Setelah diberikan perlakuan, siswa kemudian diberikan postes untuk mengukur kembali kemampuan menulis cerita pendek mereka. Kemudian tindakan diberikan kepada siswa, guru menganalisis hasil tulisan siswa (evaluasi) untuk menentukan efektif atau tidaknya penggunaan media gambar berseri pada kegiatan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan.

Baca juga:   Menulis Puisi menjadi Mudah dengan Apokat

Manfaat media gambar berseri dalam proses pembelajaran ini, yaitu: pembelajaran lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. Bahan pembelajaran lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran. Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalau guru mengajar pada setiap jam pelajaran. Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengar uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.

Media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar.

Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi yang menyangkut masalah sosial atau ras. Media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.

Baca juga:   Tingkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Field Trip

Penggunaan media gambar berseri efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen karena memenuhi indikator keefektifan pembelajaran. Sehinga guru dapat mengarahkan siswa untuk mengoptimalkan keterampilannya dalam menulis cerpen dengan menerapkan media gambar berseri dalam proses pembelajaran dan dapat menumbuhkan keinginan dan motivasi terhadap siswa. Pengetahuan dan pengalaman guru dalam penerapan media gambar berseri di kelas dapat lebih ditingkatkan dengan memperbanyak referensi mengenai media gambar berseri. (ti1/lis)

Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya