Tingkatkan Kemampuan Menulis Procedure Text dengan Discovery Learning

Oleh: Aris Maryono, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran bahasa Inggris terdiri atas komponen kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan. Komponen kebahasaan berisi materi lafal, ejaan, tanda baca, kosakata, struktur, paragraf, dan wacana. Komponen pemahaman berisi materi listening dan reading, sedangkan komponen penggunaan berisikan materi speaking dan writing.

Procedure text adalah jenis teks yang bertujuan untuk menggambarkan suatu perintah atau instruksi tentang bagaimana sesuatu dicapai sesuai urutan atau langkah-langkah yang benar. Dan biasanya judul procedure text diawali dengan “How to ….“. Contohnya misalnya seperti “How to make a cup of tea” (Cara membuat secangkir teh), “How to Use the Computer” (Cara menggunakan komputer), dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris yang berlangsung di SMP Satu Atap Luragung, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan belum bisa terlaksana seperti yang diharapkan. Proses pembelajaran yang masih monoton, sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran berjalan lambat dan sebagian materi sulit untuk dipahami oleh siswa sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa masih jauh di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Inggris sebanyak 70.

Baca juga:   Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Pembelajaran menulis teks prosedur dengan metode discovery learning merupakan alternatif pembelajaran yang menyenangkan, karena siswa akan mendapat pengetahuan dan pengalaman yang utuh, lengkap, dan langsung. Sehingga pengetahuan, pengalaman, serta keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta, melainkan dari hasil menemukan sendiri gambaran kenyataan sepenuhnya. Siswa dapat menuliskan urutan yang benar sesuai pengalaman yang diperolehnya di kelas. Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan metode discovery learning dalam materi procedure teks adalah sebagai berikut: Pertama, guru menyajikan informasi setahap demi setahap. Sambil menjelaskan materi, guru mengajukan beberapa pertanyaan ringan seputar isi slide yang berhubungan dengan teks prosedur. Kedua, setelah semua isi slide dijelaskan, guru memimpin siswa untuk bertanya jawab seputar pengalaman menulis teks prosedur dengan metode discovery learning. Ketiga, guru memancing siswa untuk melihat video pembelajaran/Youtube teks prosedur membuat mie instan, membuat teh, dan membuat pesawat dari kertas.

Dari pengamatan video itulah siswa biasanya lebih mudah menuliskan langkah langkah dalam membuat sesuatu. Dalam pembelajaran menulis teks prosedur guru tidak hanya duduk diam di kursinya. Guru mengawasi gerak-gerik siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Guru berputar mengelilingi kelas agar siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis langkah-langkah teks prosedur dapat ditulis secara runtut. Pada kegiatan akhir, guru mengarahkan siswa untuk refleksi terhadap kegiatan yang telah berlangsung. Kemudian, guru menginstruksikan siswa untuk membuat rangkuman atau kesimpulan ringkasan meteri yang telah dipelajari

Baca juga:   Tips Jadi Guru Zaman Now

Data dari penilaian hariaan dan penilaian sikap pada proses pembelajaran menunjukkan bahwa siswa kelas IX di SMP Satu Atap Luragung Kecamatan Kandangserang secara umum sangat tertarik dengan media pembelajaran yang diberikan oleh guru. Siswa merasa tertantang aktif mencari data atau membuat kalimat untuk dibahas dalam diskusi kelompok, sehingga nilai yang di dapat dalam evaluasi penilaian harian terlihat adanya peningkatan ketuntasan rata rata kelas dalam pembelajaran materi procedure text.(ti1/aro)

Guru Bahasa Inggris SMP Satu Atap Luragung, Kandangserang, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya