Menumbuhkan Perilaku Hidup Sehat melalui Pembelajaran PJOK Berbasis Video

Oleh: Ikhsan Adi Uripto, S.Pd.Jas

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN Jasmani merupakan suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat, sikap sportif, dan kecerdasan emosi (Samsudin, 2008:2).

Perilaku hidup sehat sendiri menurut Kus Irianto (2004: 22) adalah praktek kebiasaan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari baik saat berada di kelas maupun di luar kelas. Perilaku tersebut pada dasarnya merupakan respon seseorang terhadap stimulus yang berkaitan dengan sakit dan penyakit dari sistem kesehatan, makanan serta lingkungan. Perilaku hidup sehat dapat disebut juga suatu kebiasaan yang baik tentang memelihara kesehatan, dimana kebiasaan tersebut sudah berjalan dalam waktu yang cukup lama, sehingga seolah-olah telah menjadi kebiasaan yang tidak terpisahkan. Keseimbangan antara jasmani dan rohani merupakan bagian dari upaya menerapkan perilaku hidup sehat. Menjalani perilaku hidup sehat sama dengan memperhatikan pola makan teratur sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, serta rajin berolahraga.

Menjalani perilaku hidup sehat secara konsisten dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan, seperti; Menjaga sistem imun tubuh. Menjaga stamina dan energi. Memperpanjang usia. Menjaga berat badan tubuh ideal terhindar dari risiko obesitas. Menjaga kesehatan mental. Membuat kulit jadi lebih sehat.

Baca juga:   Bimbingan Konseling Online Asyik dari Guru BK di Masa Pandemi

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saat pembelajaran daring PJOK kelas VII materi kesehatan di SMP Negeri 7 Pemalang tahun pelajaran 2020/2021, bahwa perilaku hidup sehat siswa dapat ditumbuhkan dengan pemanfaatan media video, antara lain; Video Tutorial Pembelajaran, salah satu tutorial berbentuk video yang mendeskripsikan langkah-langkah untuk mengerjakan tentang sesuatu hal yang berkaitan pembelajaran. Misal tutorial melakukan teknik olahraga yang benar secara sistematis dan terukur, tutorial melakukan cuci tangan, tutorial menyiapkan komposisi makanan yang bergizi, tutorial menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Video dokumenter, satu bentuk produk audio visual yang menceritakan suatu fenomena keseharian. Fenomena tersebut cukup pantas diangkat menjadi perenungan bagi penonton. Misal dokumenter seseorang yang sehat dari penyakit karena merubah perilaku hidup, dokumenter perubahan lingkungan yang kotor kumuh menjadi bersih dan sehat. Video presentasi, video untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau cara kerja yang dibuat. Misalnya video mempresentasikan macam, manfaaat perilaku hidup sehat, presentasi materi penyakit menular. Video Iklan Layanan Masyarakat (ILM), iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.

Baca juga:   Model Role Playing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS

Pada hakekatnya video merupakan gambargambar dalam frame, di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar hidup (Azhar Arsyad, 2011 : 49). Tujuan pembelajaran menggunakan media video, yaitu; Dapat mengembangkan kemampuan kognitif yang menyangkut kemampuan mengenal kembali dan kemampuan memberikan rangsangan berupa gerak dan sensasi. Dapat digunakan untuk menunjukkan contoh cara bersikap atau berbuat dalam suatu penampilan, khususnya menyangkut interaksi manusiawi. Media yang tepat untuk memperlihatkan contoh keterampilan yang menyangkut gerak. Siswa langsung mendapat umpan balik secara visual terhadap kemampuan mereka sehingga mampu mencoba keterampilan yang menyangkut gerakan tadi.

Pada siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 7 Pemalang setelah menerapkan pembelajaran diatas siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran daring PJOK, siswa lebih paham tujuan materi yang ingin dicapai, siswa disiplin mengumpulkan laporan tugas perilaku hidup sehat yang dilakukan di rumah, dan siswa dalam menyelesaiakan instrumen penilaian banyak yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK yang berbasis video dapat menumbuhkan perilaku hidup sehat siswa-siswa SMP Negeri 7 Pemalang. (ti1/zal)

Guru Penjasorkes SMPN 7 Pemalang

Author

Populer

Lainnya