Belajar Kosakata Bahasa Inggris melalui Game Online

Oleh: Titin Nafiatin, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERKEMBANGAN ilmu dan teknologi yang semakin pesat ternyata membawa banyak perubahan dan dampak yang sangat besar terutama dalam bidang pendidikan. Fenomena yang berkembang saat ini adalah munculnya salah satu jenis permainan audio visual yaitu Game elektronik, contohnya adalah Game Online. Sebagian besar peminat permainan ini adalah remaja, diantaranya adalah peserta didik kita. Tidak sedikit dari peserta didik tersebut mendapatkan dampak dari Game Online, baik dampak positif ataupun dampak negatif.

Penulis sebagai guru bahasa inggris di SMPN 1 Buaran, dalam hal ini akan melihat dampak positif dari Game Online terhadap peserta didik, salah satunya adalah meningkatkan kosa kata dalam pelajaran bahasa inggris. Pada materi procedure text kelas 9, pembelajaran melalui game online sangat bermanfaat untuk meningkatkan kosakata, terutama kosakata yang berkaitan dengan instruksi atau perintah bagaimana melakukan sesuatu atau membuat sesuatu, dan didalam games online yang mereka mainkan sering kali peserta didik menjumpai kosa kata yang berkaitan dengan materi diatas.

Banyak ahli yang memberikan definisi tentang Games / permainan. Salah satunya Rumbold yang dikutip Bennet ( 2005 : 23 ) menyatakan bahwa “ Permainan adalah motivator yang penuh daya, mendorong anak menjadi kreatif dan mengembangkan gagasan, pemahaman dan bahasa mereka. Melalui permainan, anak – anak melakukan eksplorasi, menerapkan dan menguji hal – hal yang mereka ketahui dan dapat mereka lakukan. Dari games yang dilakukan peserta didik, menurut Woolard ( 1995 : 20 ) ada banyak manfaat yang dapat diambil yaitu : 1) games are a welcome break from the usual routine of the language class. 2) They are motivating and challenging. 3) Learning a language requires a gerat deal of effort. Games help students to make and sustain the effort of learning. 4) Games provide language practice in the various skills, speaking, writing, listening and reading. 5) They encorage students to interact and communicate dan 6) They create a meaningful context for a language use.

Baca juga:   Mengenal Simbol Sila-Sila Pancasila dengan Model Make a Match

Sebagian besar dari Game Online yang populer saat ini merupakan game yang diciptakan oleh perusahaan luar negeri seperti Amerika, Jepang,Inggris dan Cina. Otomatis bahasa yang digunakan adalah bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris. Oleh karena itu dengan memainkan Game Online peserta didik akan menemukan banyak kosa kata dalam bahasa inggris. Pertama mungkin mereka tidak paham maksud dari kosa kata tersebut dan untuk mempelajarinya peserta didik akan melakukan beberapa strategi seperti menebak dari konteks. Melihat kosa kata di kamus online atau meminta bantuan orang lain yang tahu bahasa inggris.

Sejatinya Game Online ini adalah media yang sangat praktis dan mudah untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris peserta didik. Karena mereka tidak akan sadar jika mereka belajar dan menghafal kosa kata dalam bahasa inggris, namun demikian segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Tak terkecuali dengan penggunaan game online. Untuk itu jangan lupakan dampak dampak buruk dari permainan ini, perlu pengawasan dan kontrol yang tepat dari orang tua dan guru, jangan sampai game online yang awalnya untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris anak menjadi hal yang dapat membuat anak malas dan kecanduan. (ti1/bas)

Baca juga:   Whatsapp Video Call Efektifkan Pembelajaran “Introducing Self”

Guru bahasa Inggris SMP Negeri 1 Buaran, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya