Video Karya Guru lebih Efektif dalam Pembelajaran Daring

Oleh: Siti Pujiati,S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SESUAI dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 menganjurkan untuk melaksanakan proses belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah SMPN 2 Tengaran juga menerapkan sistem PJJ (Pendidikan Jarak Jauh ) yaitu merupakan sekumpulan metode pengajaran dimana aktivitas belajar mengajar dilaksanakan secara terpisah, dalam hal ini menerapkan sistem pembelajaran daring.

Mata pelajaran prakarya aspek pengolahan kelas IX SMPN 2 Tengaran, Kabupaten Semarang yaitu tepatnya KD 4.3. Praktik olahan pangan setengah jadi dari bahan peternakan dan perikanan ( praktik membuat nugget ayam). menggunakan media video . Sebelumnya guru menggunakan media video hasil karya orang lain yaitu melalui penelusuran dari youtube.. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa guru kesulitan dalam membuat standart penilaian, siswa juga kesulitan untuk menentukan jenis video yang lebih cocok, hal ini bisa menyebabkan durasi penggunaan kuota lebih banyak karena waktu digunakan untuk terus mencari. Keluhan siswa mulai muncul seperti kehabisan kuota dan terlambat mengirim tugas pekerjaan kepada guru, sehingga mengakibatkan tujuan pembelajaran kurang tercapai.

Baca juga:   Strategi Pembelajaran IPS di Era Covid-19

Berdasarkan latar belakang di atas, maka peran guru sangat diperlukan untuk bisa berinovasi dalam membuat media pembelajaran agar proses belajar mengajar tetap dapat berjalan efektif, sehingga para siswa tetap bersemangat dalam mengikuti pembelajaran daring. Selanjutnya guru selaku penulis membuat video pembelajaran sendiri agar proses pembelajaran daring lebih efektif.

Menurut Cheppy Riyana (2007: 8) media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran. Video merupakan bahan pembelajaran tampak dengar (audio visual) yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan/materi pelajaran. Dikatakan tampak dengar kerena unsur dengar (audio) dan unsur visual/video (tampak) dapat disajikan serentak.

Menurut M Romli (2012:54) pengertian media daring secara umum adalah segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara, sebagai sarana komunikasi secara daring. Sedangkan pengertian khusus dimaknai sebagai sebuah media dalam konteks komunikasi masa. Pembelajaran daring adalah sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan secara online menggunakan jaringan internet melalui komputer, laptop maupun gawai.

Baca juga:   Belajar Global Warming dengan Permainan Ular Tangga

Guru selaku penulis membuat media sendiri berupa video, baik model, suara dilakukan sendiri sendiri, sedangkan isi dalam video disesuaikan dengan kebutuhan materi, berikut ini link vedio pembelajaran hasil karya penulis https://youtu.be/pdMLM7Jul7A. Video ini berisi tentang materi olahan pangan setengah jadi dari bahan perikanan dan peternakan, yaitu tutorial cara membuat telur asin pedas. Setelah video ini digunakan untuk pembelajaran daring di kelas IX A hasilnya sesuai yang diharapkan, respon siswa terhadap pembelajaran sangat menggembirakan terbukti hasil pekerjaan yang ditugaskan oleh guru pada hari pertama sudah banyak yang terkirim , menurut penjelasan para siswa video karya guru lebih jelas, mudah dipahami, sesuai dengan materi yang diajarkan, apabila ada bagian yg belum paham bisa langsung menghubungi guru untuk bertanya dan lebih hemat kuota, dengan demikian pembelajaran daring melalui media video karya guru lebih efektif. (ti1/zal)

Guru SMPN 2 Tengaran, Kabupaten Semarang

Author

Populer

Lainnya