Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS di Masa Pandemi dengan Film Animasi

Oleh : Indah Sugianti, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran IPS adalah salah satu mata pelajaran yang banyak menuntut hafalan sehingga menjadi membosankan bagi peserta didik apalagi bagi peserta didik setingkat SD. Hal tersebut dimungkinkan banyak hal dan salah satunya adalah kurang kreatifnya guru pengampu dalam menyajikan materi apalagi di masa pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini. Hal ini menjadi tantangan bagi kami untuk selalu berinovasi agar dapat menyajikan pembelajaan mata pelajaran IPS menjadi suatu pembelajaran yang menyenangkan.

Mengatasi permasalahan tersebut diatas kita sebagai guru kelas IPS berupaya untuk senantiasa menyajikan pembelanjaran yang menarik bagi peserta didik di antaranya dengan menggunakan media film animasi sebagaimana yang kami lakukan di SDN I Tegalsuruh Kabupaten Pekalongan dalam pembelajaran IPS di kelas IV pada KD.3.4 Peninggalan sejarah masa Hindu, Budha dan Islam serta pengaruhnya bagi masyarakat sekitar dengan menggunakan peta pikiran. Menurut Hamalik (2009 ; 179) aktifitas belajar merupakan kegiatan yang diakukan oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan media
menurut Gagne (1970) menyebutkan bahwa media adalah jenis komponen dalam lingkungan peserta didik yang dapat merangsangnya untuk belajar. Untuk itu media dalam pembelajaran memiliki arti yang sangat penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran.

Baca juga:   Tingkatkan Pembelajaran PAI dengan Home Visit di Masa Pandemi

Memotivasi peserta didik setingkat kelas IV SD bukanlah hal mudah mengingat usia mereka masih suka dengan kondisi bermain untuk itu kami menggunakan media film animasi. Animasi adalah rangkaian gambar yang membentuk sebuah gerakan. Pembelajaran dengan media film animasi khususnya dalam pembelajaran IPS kelas IV pada KD 3.4 Peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya bagi masyarakat sekitar akan membantu peserta didik dalam mengingat konsep. Penggunaan media film animasi dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik khususnya dalam memahami konsep abstrak dan juga membuat daya tarik tersendiri bagi peserta didik.

Penggunaan media film animasi dalam pembelajaran IPS pada KD 3.4 Peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya bagi masyarakat tahapannya : 1) guru mengajak peserta didik untuk mengamati tayangan film animasi tentang keaneka ragaman peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam melalui video yang di-share lewat media whatsap. 2) Setelah mengamati tayangan film animasi peserta didik diajak untuk menyampaikan apa yang telah mereka amati. 3) Guru mengajak peserta didik untuk mengklasifikasikan peninggalan sejarah yang sudah di lihatnya dalam tayangan film animasi tersebut. 4) Peserta didik mempresentasikan hasil yang divideokan sebagai tugas. 5) kegiatan terakhir guru membuat suatu kesimpulan dari materi yang telah dibahas.

Baca juga:   Pembelajaran Peta Berbasis Pengalaman Traveling dan Mapping

Dengan memilih film animasi sebagai media pembelajaran proses pembelajaran IPS yang awalnya membosankan bagi peserta didik menjadi menyenangkan bahkan mampu meningkatkan aktifitas peserta didik. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan lebih bermakna serta humanis meskipun dilaksanakan secara daring dan tujuan pembelajaran pun akan tercapai. (bw2/ton)

Guru kelas IV SDN I Tegalsuruh Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya