Pembelajaran TIK selama Pandemi Gunakan Vidio dan Power Point

Oleh: Widodo, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, UNTUK Pembelajaran TIK kita sudah terbiasa menggunakan Media Power point dan Demontrasi. Akan tetapi kurang lebih 8 bulan berlalu, masa pandemi virus corona atau covid-19 masih saja belum hilang dari bumi Indonesia. Hal ini menyebabkan aktivitas di berbagai bidang khususnya di dunia pendidikan belum sepenuhnya kembali normal. Sampai saat ini masyarakat merasa khawatir sehingga mereka membatasi diri beraktivitas di luar rumah. Banyak masyarakat khawatir karena penularan virus corona sulit diprediksi bahkan obat penawar virus belum ditemukan dan menjadi penyebab kematian yang paling tinggi. Setelah munculnya wabah Covid-19, sistem pendidikan pun mulai mencari inovasi untuk proses belajar mengajar. Terlebih adanya Surat Edaran No.4 Tahun 2020 dari Menteri Pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

Setiap institusi pun dituntut untuk memberikan inovasi terbaru untuk membentuk proses pembelajaran yang sangat efektif dan menyenangkan. Sebagai guru TIK kelas IX SMP Negeri 2 Kesesi, penulis mencari metode yang paling tepat untuk kompetensi dasar(KD)3.1 yakni Layanan layanan yang ada di Internet. Penulis memilih media video dan power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar jarak jauh atau daring. Media merupakan alat bantu yang bisa membuat siswa menjadi lebih mengerti dan fokus untuk memperhatikan materi yang diajarakan oleh guru. Media membuat siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. Media belajar dapat berupa benda konkret, visual, audiovisual dan lain- lain.

Baca juga:   Tingkatkan Kemampuan Bertanya-Menjawab dengan Metode Team Quis

Langkah yang dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut: Pertaama, guru membuat vidio pembelajaran, yang didalamnya berisi salam pembuka untuk menyapa peserta didik, kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran, dilanjudkan penyampaian materi pelajaran yang berupa power point, menyimpulkan pelajaran, yang terakhir berdo’a dan salam penutup. Kedua, guru membuat group WhatsApp atau group wali kelas, group ini nantinya untuk membagikan link kepada peserta didik yaitu link vidio pembelajaran, setelah perlengkapan yang dibutuhkan selesai penulis melanjudkan langkah berikutnya. Ketiga, guru mulai meng unggah file vidio pembelajaran melalui gogle clasroom, gogle from untuk soal pilihan ganda dan juga untuk presensi, setelah semuanya dibuat, barulah penulis membuat link WA yang dikirimkan ke masing masing wali kelas dan wali kelas yang mengirim link WA vidio pembelajaran ke peserta didik. Keempat, peserta didik akan menerima link WA vidio pembelajaran, link presensi dan link latihan soal yang dikirim oleh masing masing wali kelas, peserta didik tinggal menghidupkan Hpnya, lalu pilih menu WA group kelas, langkah selanjudnya tinggal memilih link link yang di kirim oleh wali kelas seperti( link vidio pembelajaran tinggal disimak dan dipahami, link presensi untuk di isi ,kelas, pelajaran dan link soal pilihan ganda tingal dijawab, nilainya bisa langsung dilihat secara automatis.

Baca juga:   Gambar Tokcer lebih Atraktif Temukan Pesan Moral Cerita Wayang

Dengan demikian mereka akan termotivasi untuk belajar supaya nilai belajarnya menjadi lebih baik, karena video pembelajaran membuat peserta didik bersemangat dalam belajar jarak jauh. Sehingga hasil belajar peserta didik meningkat pada mata pelajaran TIK SMP 2 Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan. (ti1/zal)

Guru SMP 2 Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya