Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Media Vocabulary Card

Oleh : Eli Pristiyanawati, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bahasa merupakan peranan penting dalam hidup dan kehidupan. Dengan bahasa, manusia dapat berkomunikasi untuk menyampaikan pesan dan memperoleh informasi (Nurul Hidayah:2016).

Kemampuan berbahasa mampu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik termasuk mengingat materi pelajaran, memecahkan permasalahan dan dapat menarik kesimpulan sesuai dengan materi yang dipelajarinya. Bahasa memudahkan guru dan murid dalam berkomunikasi, sehingga tujuan pembelajaran dapat tersampaikan. Pembelajaran Bahasa, dalam hal ini Bahasa Inggris, terdapat di SMP Negeri 1 Kesesi.

Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang sangat penting untuk dikuasai. Bahasa Inggris juga salah satu bahasa yang dipergunakan di seluruh dunia. Menyadari kenyataan pentingnya bahasa Inggris di masa depan, maka pembelajaran Bahasa Inggris sedini mungkin harus diterapkan di sekolah-sekolah (Cindi dkk: 2016). Pembelajaran Bahasa Inggris terintegrasi dalam empat keterampilan yaitu mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing) yang kesemuanya itu minimal harus dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran penentu keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.

Adanya media memudahkan guru dalam transfer ilmu dan memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran (Ihsana:2017). Penyampaian materi dan pesan dalam proses pembelajaranpun akan semakin mudah dan efektif, sehingga akan meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar. Salah satu media pembelajaran adalah card media atau media kartu.

Baca juga:   Media Video Animasi untuk Penguatan Karakter Mupel IPA pada PBJJ

Media kartu merupakan salah satu media pembelajaran cetak. Media kartu berisi gambar- gambar (benda-benda, binatang, dan sebagainya) yang dapat melatih peserta didik dan memperkaya kosakata. Kartu-kartu tersebut menjadi petunjuk atau rangsangan bagi peserta didik untuk memberikan respon yang baik. Dan media kartu dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Media kartu cukup efektif, mudah dibuat, dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. Media kartu bahan yang dipakai sangat mudah didapat dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Media kartu bisa membuat anak aktif dan belajar sambil bermain.

Media kartu adalah sebuah kertas tebal yang berisi gambar-gambar atau tulisan tertentu yang dapat dimanfaatkan dalam menggembangkan pembelajaran maka selain membantu pemahaman siswa tentang konsep tertentu, guru pun akan lebih mudah dalam mengelola kelas karena siswa diarahkan untuk belajar secara berkelompok. Jadi, media dikembangkan oleh guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Kesesi sebagai media alternatif dalam pembelajaran agar memudahkan guru ketika proses pembelajaran itu terjadi dan membantu siswa untuk cepat memahami berbagai materi yang terkait. Media kartu adalah media berbentuk cetakan yang tidak berbunyi dan juga bergerak. Bahan-bahan yang digunakan pun dapat dicetak di atas kertas untuk membantu proses pengajaran.

Baca juga:   Kertas dan Permen Lolipop Mudahkan Siswa Belajar Pronunciation

Langkah-langkah yang digunakan dalam menggunakan Media English Vocabulary Card ini yaitu (1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari dua anak atau lebih. (2) Kartu bergambar diletakan berbaris satu per satu (tidak tumpuk) di depan (3) Kartu huruf dipegang oleh siswa dan masing-masing pemain akan menjodohkan dengan kartu bergambar yang sesuai. (Bagi pemain yang belum hafal kosakata, boleh menggunakan bantuan kamus mini yang tersedia). (4) Kartu huruf diletakkan di atas kartu bergambar yang sesuai dengan pasangannya. (5) pemain yang kartunya habis terlebih dahulu yang menjadi pemenangnya. (ti1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Kesesi Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya