Belajar Pemrograman Berorientasi Objek dengan Aplikasi Quizizi

Oleh : Sapto Raharjo, S.Kom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan tehnologi yang pesat, banyak membantu kita melaksanakan tugas dalam bekerja. Termasuk didalam dunia pendidikan terutama para pendidik yang tidak terlepas dari peran serta internet. Kemudahan akses informasi diharapkan memicu peserta didik untuk lebih giat didalam belajar. Disamping itu para pendidik diharapkan tetap melaksanakan pembelajaran secara interaktif baik melalui tatap muka maupun secara maya. Melalui dunia maya, pembelajaran dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Terlebih dukungan dari pemerintah dengan adanya pemberian kuota internet gratis kepada pendidik dan siswa.

Kompetensi Pemrograman Berorientasi Objek dimana mempelajari pemrograman dengan cara mengambil sebuah atau beberapa objek didunia nyata dalam kehidupan sehari hari untuk memudahkan pemahaman dalam pembuatan program. Sebagai contoh objek ayam yang memiliki kaki, sayap serta dapat berlari, berkokok dan dalam bahasa pemrograman dapat digunakan sebagai attribute dan methode. Objek adalah entitas yang memiliki atribut, karakter dan state (Douglas, 1992).

Saat ini banyak sekali aplikasi maya yang membantu interaksi antara murid dan guru, salah satu diantaranya adalah aplikasi Quizizz. Aplikasi ini cukup disenangi oleh para pelajar karena fasilitas didalamnya interatif untuk digunakan didalam pembelajaran. Quizizz tidak memerlukan penginstalan di handphone saat penggunaan, peserta didik hanya mengikuti link yang sudah dishare oleh guru, sehingga tidak dibutuhkan space memori untuk menginstall aplikasi di handphone.

Baca juga:   Pembelajaran Praktik Produktif Sistem Rem dengan Metode TSS

Melalui aplikasi ini pembelajaran terasa menyenangkan dan juga menantang dikarenakan pengerjaan dapat dilakukan secara live. Skor daripada soal yang dijawab secara cepat akan memperoleh skor tersendiri dan rangking akan muncul ketika pengerjaan selesai secara live. Disamping hal tersebut, peserta didik dapat mengerjakan soal disertai musik yang berjalan dan adanya meme yang lucu, sehingga membuat semangat. Fasilitas soal yang dibuat acak dan pembatasan waktu yang berjalan akan menyulitkan peserta didik untuk saling bertanya, secara otomatis nilai kejujuran dalam mengerjakan akan tercapai.

Adapun bagi pendidik dengan adanya Quizizi tidak perlu repot akan pembuatan grading, analisis butir karena sudah otomatis ada. Pengiriman hasil kepada orang tua pun dapat dilakukan melalui email. Disini, apabila pendidik merasa kesulitan didalam pembuatan soal maka aplikasi telah menyediakan contoh soal-soal yang dishare oleh beberapa pengguna aplikasi sehingga memudahkan pendidik didalam pembuatan soal.

Peserta didik kelas XI RPL 3 di SMK Negeri 5 Kendal antusias menggunakan aplikasi Quizizi. Memakai quizizi lebih enak (Alya Putri), dengan quizizi lebih menyenangkan seperti main game (Leli), aplikasi quizizi bikin greget karena bisa menjawab cepet-cepetan (Himaya). Dengan demikian apabila peserta didik sudah berminat, maka akan medorong mereka untuk lebih giat didalam belajar. (ti1/zal)

Baca juga:   Metode Layanan Bimbingan dan Konseling Blended Learning di Era Industri 4.0

Guru SMK Negeri 5 Kendal

Author

Populer

Lainnya