Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Daring

Oleh: Titik Sulistiyaningrum, S.Pd., M.A.P.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, TAHUN ajaran baru 2020/2021 akan segera dilaksanakan. Menurut Kalender Pendidikan Nasional Pelaksanaan Pembelajaran akan dimulai tanggal 13 Juli 2020 ini. Tentunya sudah menjadi kewajiban peserta didik baru sebelum melaksanakan kegiatan belajar siswa diberi pembekalan materi MPLS. Kegiatan pembekalan materi MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) untuk tahun ajaran baru ini memang tidak seperti biasanya. Hal ini dikarenakan Pandemi Covid-19 belum selesai oleh karenanya penyampaian materi hanya sebatas teoritis saja.

Pada tahun ajaran ini pelaksanaan MPLS dilaksanakan pada tanggal 13-15 Juli 2020. Adapun untuk ketentuan pelaksaan MPLS diserahkan pada Dinas Pendidikan Daerah masing –masing. Ketentuan ini dikarenakan status Darurat Covid-19 setiap daerah berbeda ada yang masih Zona Merah, kuning dan hijau.

MPLS wajib dilaksanakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Permendikbud nomor 18 Tahun 2016 dan sesuai kalender pendidikan T.A 2020/2021 Namun di tengah pandemi Covid-19 ini, sektor pendidikan belum boleh dibuka secara tatap muka dan mengharuskan pelaksanaan MPLS dilaksanakan secara virtual atau dalam jaringan (daring).

Baca juga:   Mengembangkan Potensi Peserta Didik Melalui Pembiasaan Positif

Tujuan dari diadakan kegiatan MPLS adalah untuk membatu peserta didik dalam beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekolah yang baru. Pengenalan itu mencakup aspek keamanan, kondisi lingkungan, sarana prasarana belajar dan keadaan sosial sekolah. Maka setelah kegiatan MPLS selesai diharapkan peserta didik sudah terbiasa dengan kondisi lingkungan sekolah. Selain bertujuan untuk pengenalan terhadap kondisi sekolah pelaksanaan MPLS juga berfungsi sebagai penumbuh kembangan kreativitas, rasa tanggung jawab, interaksi sosial, pengembangan spiritual dan kegiatan yang menggali potensi diri peserta didik.

Karena masih dalam pandemi covid 19 SMP N 4 Sragi melaksanakan kegiatan MPLS secara daring dengan aplikasi whasapp dan Materi yang disampaikan dalam kegiatan MPLS secara daring di SMP N 4 SRAGI antara lain satu Wawasan Wiyata Mandala, dua Kepermukaan, tiga Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, empat Belajar Efektif, lima Pendidikan Karakter, enamTata Krama Siswa, tujuh Pengenalan Kurikulum 2013.

Dalam penyampaian materi bapak ibu penyaji materi menggunakan media yang membuat siswa tidak merasa jenuh dan berjalan efektif antara dengan tampilan perkenalan guru, siswa senior berupa slideshow foto dan video, program kurikulum, kesiswaan, kepemimpinan, pendidikan karakter melalui visual animasi, dan seterusnya.
Dengan media yang bervariasi siswa-siswi bisa mengikuti kegiatan MPLS dengan semangat,dan lebih mengenal lingkungan sekolah serta kurikulum khususnya untuk sekolah menengah pertama. (bp2/zal)

Baca juga:   Pupuk Nilai Persatuan Siswa di Lingkungan sekolah

Kepala SMPN 4 Sragi Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya