Strategi Pembelajaran Concept Mapping dengan Audiovisual

Oleh : Waryatun, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Metode memiliki peran yang sangat strategis dalam mengajar. Metode berperan sebagai rambu-rambu pembelajaran sehingga dapat berjalan baik dan sistematis. Oleh karena itu guru dituntut menguasai berbagai metode dalam rangka memproses pembelajaran efektif dan efisien, menyenangkan dan tercapai tujuan pembelajaran yang ditargetkan.

Tujuan kegiatan belajar mengajar tidak pernah akan tercapai selama komponen-komponen lain diabaikan. Salah satu komponen penting untuk mencapai tujuan adalah metode. Jadi metode merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan menggunakan metode secara akurat guru akan mampu mencapai tujuan pembelajaran. Metode harus menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Karena tujuan pembelajaran adalah suatu cita-cita yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar. Permasalahan yang dihadapi peserta didik kelas VI (enam) SDN 1 Klegen Kecamatan Comal adalah dalam mempelajari IPS terutama pada KD Globalisasi rata-rata hasil belajar di bawah KKM.

Dengan melihat keadaan yang tidak menyenangkan maka penulis mengubah strategi pembelajaran supaya peserta didik bersemangat untuk belajar IPS. Yaitu menggunakan metode Consept Mapping atau Mind Mapping.

Mind mapping dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya ditungkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja koneksi-koneksi didalam otak. Mind maping menurut Tony Buzan (2008:4), yang sering kita sebut dengan peta konsep ialah alat berpikir organisasional yang sangat hebat yang juga merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan.

Baca juga:   Implementasi Strategi Team Quiz Tingkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran PPKn

Beberapa hal yang penting dalam membuat peta pikiran ada dibawah ini sebagai berikut: Pertama, Pastikan tema utama terletak di tengah-tengah. Contohnya, apabila kita sedang mempelajari pelajaran globalisasi, maka tema utamanya ialah dampak globaliisasi. Kedua, Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama. Ketiga, cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol. dari setiap tema turunan terutama akan muncul lagi tema turunan kedua, ketiga dan seterusnya maka langkah berikutnya adalah mencari hubungan yang ada antara setiap tema turunan. gunakan garis, warna, panah atau cabang dan bentuk-bentuk simbol lain untuk menggambarkan hubungan diantara tema-tema turunan tersebut. Keempat, pola-pola hubungan ini akan membantu kita memahami topik yang sedang kita baca. Kelima, gunakan huruf besar huruf besar akan mendorong kita untuk hanya menuliskan poin-poin penting saja di peta pikiran. Keenam, buat peta pikiran dikertas polos dan hilangkan proses edit ide dari peta pikiran adalah agar kita berpikir kreatif. Ketujuh, sisakan ruangan untuk penambahan tempat peta pikiran yang bermanfaat biasanya adalah yang telah dilakukan penambahan tema dan modifikasi berulang kali selama beberapa waktu.

Baca juga:   Penggunaan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA

Setelah metode mind mapping diterapkan di SDN 1 Klegen ini ternyata dapat meningkatkan motivasi siswa yang mempengaruhi pada hasil belajar. Karena metode ini sangat unik, sehingga mempermudah proses pengingatan dan mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci saja. (bp2/ton)

Guru Kelas VI SDN 01 Klegen, Kec. Comal Kab. Pemalang

Author

Populer

Lainnya